Membaca Peta ~ Sebagaimana kita ketahui peta adalah gambaran permukaan bumi yang disajikan sebagai media informasi. Kita pasti sepakat bawah peta akan memberikan informasi apabila kita dapat membacanya. Untuk membaca peta, terlebih dahulu kita mesti tahu komponen peta. Karena dari mempelajari komponen peta kita dapat memahami dengan baik simbol dan informasi pada peta. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan sebuah penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca peta. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Membaca Peta, Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Peta. | www.zonasiswa.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca peta, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Perhatikan Judul Peta
Untuk mengetahui isi peta, kita harus tahu terlebih dahulu judul peta itu sendiri. Judul peta memberikan isi dan karekteristik peta yang digambar. Dengan adanya judul, maka pembaca akan mengetahui isi peta tersebut.

2. Perhatikan Skala Peta
Dari skala, kita bisa mengetahui jarak sebenarnya antar satu lokasi dengan lainnya dari membaca peta. Skala peta menunjukkan perbandingan jarak, antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Misalnya, peta berskala 1 : 100.000 artinya tiap jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 100.000 cm di lapangan.

3. Perhatikan Garis Lintang dan Garis Bujur
Posisi lokasi daerah yang digambar akan diketahui melalui koordinat garis lintang dan garis bujur.

4. Perhatikan Orientasi (Arah Mata Angin)
Orientasi merupakan arah penunjuk mata angin. Pada peta biasanya arah mata angin menunjuk ke utara. Dari memperhatikan orientasi peta, kita tahu arah lokasi yang digambarkan di peta tersebut.

5. Perhatikan Sumber dan Tahun Pembuatan Peta
Sumber data dan tahun pembuatan perlu dimasukkan dalam peta agar bisa diketahui dari mana asal datanya dan tahun pembuatannya. Kenapa kita perlu memperhatikan sumber dan tahun peta? Pemetaan suatu tempat senatiasa berubah dari tahun ketahun, hal ini disebabkan oleh pengukuran dan pembuatan peta yang semakin canggih. Untuk itu, peta dengan pembuatan tahun terbaru lebih baik dibandingkan dengan peta dengan tahun pembuatan yang sudah lama.

6. Perhatikan Simbol
Simbol merupakan tanda konvensional yang terdapat di dalam peta untuk mewakili keadaan sebenarnya yang ada di lapangan. Untuk mengetahui makna dari simbol-simbol dalam peta, kita bisa menggunakan legenda atau keterangan-keterangan mengenai simbol yang terdapat di dalam peta. Legenda biasanya terletak di sebelah kiri, kanan ataupun bawah dari peta yang digambar.


BACA JUGA:
  1. Pengertian dan Jenis-jenis Proyeksi Peta
  2. Komponen Peta

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas tentang Membaca Peta, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk keamjuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar