Jenis-jenis & Fungsi Peta - Dari artikel sebelumnya tentang Pengertian Peta, kita sudah tahu bawah peta merupakan gambaran keadaan permukaan bumi, baik keseluruhan atau sebagian yang diperkecil dan ditampilkan pada bidang datar dengan menggunakan perbandingan (skala) tertentu. Tapi, adakah yang tahu jenis-jenis dan fungsi peta? Tenang, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan mengenai jenis-jenis peta dan fungsinya untuk kalian semua. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Jenis-jenis Peta, Fungsi Peta, Jenis Peta Berdasarkan Sumber Datanya, Jenis Peta Berdasarkan Isi Data yang Disajikan, Jenis Peta Berdasarkan Skalanya. | www.zonasiswa.com
Peta Pulau Jawa


A. Jenis-jenis Peta

Peta dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian menurut karakteristiknya, antara lain sebagai berikut.

1. Berdasarkan Sumber Datanya
Berdasarkan sumber datanya, peta dikelompokkan menjadi dua, yaitu peta induk dan peta turunan.
  • Peta Induk (Basic Map)
    Peta induk yaitu peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan. Peta induk ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pembuatan peta topografi, sehingga dapat dikatakan pula sebagai peta dasar (basic map). Peta dasar inilah yang dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan peta-peta lainnya.
  • Peta Turunan (Derived Map)
    Peta turunan yaitu peta yang dibuat berdasarkan pada acuan peta yang sudah ada, sehingga tidak memerlukan survei langsung ke lapangan. Peta turunan ini tidak bisa digunakan sebagai peta dasar.


2. Berdasarkan Isi Data yang Disajikan
Berdasarkan isi data yang disajikan, peta dibagi menjadi peta umum dan peta tematik.
  • Peta Umum atau Peta Dasar
    Peta umum, adalah peta yang menggambarkan seluruh penampakan yang ada di permukaan bumi, baik bersifat alamiah (misalnya sungai, danau, gunung, laut, hutan, dan lain-lain) maupun budaya atau buatan manusia (misalnya: batas wilayah, jalan raya, kota, pelabuhan udara, perkebunan, dan lain-lain). Contoh peta umum antara lain: peta dunia, peta korografi, peta rupa bumi dan peta topografi.
  • Peta Tematik atau Peta Khusus
    Peta tematik yaitu peta yang menggambarkan informasi dengan tema tertentu/ khusus. Misal peta geologi, peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta kepadatan penduduk, dan sebagainya. Salah satu contoh peta tematik adalah peta penggunaan lahan. Peta penggunaan lahan merupakan peta yang khusus menunjukkan persebaran penggunaan lahan suatu wilayah yang dipetakan.

3. Berdasarkan Skalanya
Berdasarkan pada skalanya peta dibagi sebagai berikut.
  • Peta Kadaster/Peta Teknik
    Peta ini mempunyai skala sangat besar antara 1 : 100 – 1 : 5000 Peta kadaster ini sangat rinci sehingga banyak digunakan untuk keperluan teknis, misalnya untuk perencanaan jaringan jalan, jaringan air, dan sebagainya.
  • Peta Skala Besar
    Peta ini mempunyai skala antara 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000. Biasanya peta ini digunakan untuk perencanaan wilayah.
  • Peta Skala Sedang
    Peta ini mempunyai skala antara 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000.
  • Peta Skala Kecil
    Peta ini mempunyai skala antara 1 : 500.000 sampai 1 : 1.000.000.
  • Peta Geografi/Peta Dunia
    Peta ini mempunyai skala lebih kecil dari 1 : 1.000.000.

B. Fungsi Peta

Secara umum, peta berfungsi untuk:
  1. menunjukkan lokasi pada permukaan bumi;
  2. menggambarkan luas dan bentuk berbagai gejala, baik gejala alamiah maupun gejala insaniah;
  3. menentukan arah serta jarak suatu tempat;
  4. menunjukkan ketinggian atau kemiringan suatu tempat;
  5. menyajikan persebaran sifat-sifat alami dan nonalami;
  6. melukiskan luas dan pola;
  7. memungkinkan pengambilan kesimpulan dari data atau informasi yang tersaji, serta;
  8. memperlihatkan gerak perubahan dan prediksi dari pertukaran barang-barang persebaran aktivitas industri, arus produksi, mobilitas manusia, dan sebagainya.
Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas tentang Jenis-jenis dan Fungsi Peta, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kepentingan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar