Planet Jupiter adalah planet terbesar di sistem tata surya kita. Planet ini dinamakan sesuai dengan raja dari dewa-dewa di mitologi Romawi. Dengan hal yang sama, Yunani kuno pun menamakan planet in Zeus, raja dari dewa-dewa Yunani. Pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap mengenai Planet Jupiter. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Karakter Fisik Jupiter

Jupiter adalah planet tersbesar di dalam sistem tata surya kita, dua kali lebih besar dari semua planet dikombinasikan bersama. Atmosfer planet Jupiter hamper mirip dengan Matahari, yang sebagian besar terdiri dari hydrogen dan helium. Jupiter memiliki empat satelit besar dan banyak satelit kecil yang mengorbit mengelilingya. Jupiter bahkan bisa disebut merupakan miniature sistem tata surya. Saking besarnya planet Jupiter, disebutkan bahwa planet ini dapat menampung 1.300 bumi.

Corak warna pada planet Jupiter terdiri dari garis gelap dan zona putih yang disebabkan oleh angin timur-barat yang kuat pada atmosfer atas planet ini. Angin kuat tersebut bergerak lebih dari 640 km per jam. Awan putih in zona tersebut terdiri dari cristial dari ammonia beku, sedangkan awan gelap terdiri dari bahan kimia lain yang ditemukan di garis gelap. Pada bagian paling bawah yang terlihat terdapat juga awan biru. Garis-garis awan pada planet tidak diam begitu saja melainkan berubah setiap waktu. Di dalam atmosfer Jupiter, hujan berlian terjadi.

BACA JUGA: SISTEM TATA SURYA

Ciri yang paling luar biasa dari planet Jupiter adalah titik merah besar atau yang biasa disebut The Great Red Spot. Titik merah tersebut merupakan badai topan besar yang sudah terlihat lebih dari 300 tahun. Fakta mengejutkannya adalah luas titik merah tersebut tiga kali lebih besar dari ukuran bumi dan topan besar ini bergerak dengan kecepatan 360 km per jam. Warna badai tersebut bervariasi dari merah bata ke coklat yang mungkin berasal dari sulfur dan ammonia cristal di awan Jupiter.

Medan magnet planet Jupiter adalah yang paling kuat dari semua planet di tata surya, 20.000 lebih kuat dari pada medan magnet Bumi. Jupiter berputar lebih cepat dibandingkan dengan planet lain dengan hanya menghabiskan 10 jam untuk melakukan satu putaran, bandingkan dengan Bumi yang membutuhkan 24 jam untuk berotasi. Putaran cepat tersebut membuat Jupiter menonjol di garis ekuator dengan bagian kutub lebih rata dengan presentasi garis ekuator lebih lebar 7% dibanding bagian kutub. 

Planet Jupiter, Planet Terbesar, Jupiter Planet Terbesar, Planet Terbesar di Tata Surya. | www.zonasiswa.com

B. Satelit Planet Jupiter

Jupiter memiliki 63 satelit yang dinamakan sesuai dewa-dewa Romawi. Empat satelit terbesar Jupiter adalah Io, Europa, Ganymede, dan Callisto, yang ditemukan oleh Galileo Galilei. Oleh karena itu, ke-empat satelit tersebut sering di namakan “Galilean Satelites” atau satelit Galilean.

Ganymede adalah satelit terbesar di sistem tata surya kita, bahkan lebih besar dari planet Merkurius dan Pluto. Ganymede juga merupakan satu-satunya satelit yang memiliki medan magnet sendiri. Satelit alami ini juga memiliki samudera diantara lapisan-lapisan es.

Io merupakan satelit yang memiliki aktifitas vulkanis yang sangat aktif. Sulfur yang menyebur keluar dari aktifitas vulakins menyebabkan satelit ini berwarna kuning-oranye. Ketika Io mengorbit Jupiter, gaya gravitasi Jupiter menyebabkan ‘ombak’ di daratan Io yang bisa naik hingga 100 meter, menyebabkan panas yang cukup untuk aktifitas vulkanis.

Europa adalah satelit Jupiter yang terdiri dari air beku yang mungkin menyimpan samudera cair dengan jumlah 2 kali lebih besar dari pada yang terdapat di Bumi. Samudera es mungkin juga terdapat pada satelit Callisto dan Ganymede. Karena terbukti mempunyai air, dan air mendukung kehidupan, makanya NASA ingin mengadakn misi untuk menjelajah satelit Europa.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas tentang Jupiter, Planet Terbesari di Tata Surya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar