Ciri-Ciri Globalisasi ~ Globalisasi dewasa ini telah berubah menjadi kekuatan yang terus meningkat serta mampu menciptakan aksi dan raksi dalam segenap kehidupan manusia di bumi. Globalisasi akan menciptakan dunia yang terdiri dari negara-negara terbuka untuk saling berhubungan terutama dengan ditunjang teknologi informasi yang sedemikian canggih. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menhadirkan sebuah penjelasan lengkap tentang Ciri-Ciri Globalisasi, semoga bermnafaat. Check this out!!!

Menurut Thomas L. Friedman, seperti yang tertuang dalam bukunya yang berujudul "The Lexus and The Olive Tree" (1999), globalisasi mempunyai dimensi ideologi, yaitu kapitalisme dan dimensi ekonomi (pasar bebas). Selain itu, juga memiliki dimensi teknologi, yaitu teknologi informasi yang telah menyatukan dunia. Oleh karena itu, menurut Thomas L. Friedman, kita harus mengenakan "baju baru" atau "software" yang cocok untuk dapat mengikuti arus globalisasi.

Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia.

  1. Perubahan konstelasi ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam (HP), televisi satelit, dan internet menunjukan bahwa perkembangan komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (televisi, film, musik, transmisi berita, dan olahraga internasional). Saat ini kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang mode cara berpakaian (fashion), literature, dan makanan.
  4. Meningkatnya masalaha bersama, misalnya di bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi reginoal.

Ciri-Ciri Globalisasi | www.zonasiswa.com


Tanda-tanda munculnya globalisasi adalah sebagai berikut.
  1. Menguatnya Ruang Pribadi (Personal Space)
    Ruang kebebasan pribadi untuk mengekspresikan pendapat, jati diri, dan kepribadian semakin menyempit. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pesan atau tuntutan-tuntutan dari kehidupan modern yang harus dilaksanakan. Akibatnya, beban moral semakin berat dan seolah-olah tidak ada lagi kemerdekaan pribadi untuk mengembangkan ide-ide aslinya. Ditambah lagi dengan nilai-nilai lama yang dijungkirbalikkan dan diganti dengan nilai-nilai baru yang materialistis.

  2. Sebagai Era Kompetisi
    Globalisasi memberikan tingkat kompetisi ekonomi-politik antar bangsa, baik dari kacamata struggle of power (konflik) maupun equilibrium (keseimbangan). Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak. Perdagangan luar negeri yang lebih bebas juga memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.

  3. Tingginya Intensitas Hubungan Antar Budaya, Norma Sosial, Kepentingang, dan Ideology Antar Bangsa.
    Internet dan satelit-satelit komunikasi menghubungkan banyak negara di dunia. Secara sosiologis, hal ini sering disebut sebagai desa buana (global village). Konsekuensi yang sangat penting dari adanya globalisasi adalah setiap bangsa dituntut memiliki kesiapan kultur untuk melakukan integrasi terhadap sistem internasional tanpa terkaburkan oleh identitas kesatuan nasionalnya. Selain itu, globalisasi menyebabkan terjadinya kesenjangan yang semakin melebar antara moralitas dan intelektualitas. Dengan demikian, globalisasi menyebabkan semakin besarnya tantangan atau problem kehidupan.

Menurut Martin Khor, seperti yang tertuang dalam bukunya yang berjudul "Rethinking Globalization" (2001), terdapat dua ciri utama globalisasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Dalam globalisasi terdapat peningkatan konsentasi dan monopoli berbagai sumber daya dan kekuatan eknomoi oleh perusahaan-perusahaan transasioanl (multinasional). Perusahaan transational adalah sebuah perusahan yang menghasilkan barang atau melayani pasar di lebih dari satu negara.
  2. Globalisasi dalam kebijaka dan mekanisme pembuatan kebijakan nasiolan, yang meliputi bidang-bidang sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi yang tadinya berada dalam yurisdikasi suatu pemerintah dan masyarakat dalam suatu wialyah negara, sekarang bergeser menjadi dibawah pengaruh atau proses badan-bada internasinal atau perusahaan besar serta pelaku ekonomi dan keuangan internasional.

Semoga artikel Pendidikan Kwarganegaraan di atas tentang Ciri-Ciri Globalisasi bisa menambah pengetahuan sobat sekalian dan juga bisa bermanfaat. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga:

  1. Pengertian Globalisasi
  2. Dampak Globalisasi
  3. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

0 komentar:

Poskan Komentar