Sistem Pemerintahan ~ Sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden. Kedudukan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif). Presiden dibantu oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab kepadanya. Pada sistem pemerintahan presidensial yang murni, eksekutif dan legislatif tidak berhubungan secara langsung. Antara eksekutif dan legislatif tidak dapat saling mempengaruhi, karena kedua badan/lembaga tersebut memiliki kedudukan yang sama-sama merdeka.

Pemerintahan presidensial memang membutuhkan dukungan riil dari rakyat yang akan menyerahkan mandatnya kepada Capres. Namun, rakyat tak bisa menyerahkan begitu saja mandatnya tanpa tahu apa yang akan dilakukan capres. 

Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap mengenai sistem pemerintahan presidensial, baik dari segi ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangannya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Adapun ciri-ciri pemerintahan presidensial adalah:

  1. Presiden sebagai badan penyelenggaraan negara. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif).
  2. Presiden tidak dipilih parlemen, tetapi dipilih secara langsung oleh rakyat (PEMILU) atau oleh suatu badan khusus yang dikuasakan.
  3. Hubungan antara presiden dan parlemen tidak dapat saling menjatuhkan, karena presiden dan parlemen dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum, sehingga keduanya bertanggung jawab kepada rakyat.
  4. Presiden dibantu oleh seorang wakil presiden dan para menteri yang terdapat dalam suatu kabinet oleh presiden.
  5. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen, karena presiden tidak dipilih oleh parlemen.
  6. Presiden tidak dapat diberhentikan oleh parlemen sebelum masa jabatannya berakhir. Apabila terjadi pelanggaran yang bertentangan dengan konstitusi atau hukum, presiden dapat dikenakan impeachment (pengadilan parlemen) yang dilakukan oleh hakim tinggi.
  7. Masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.


Sistem Pemerintahan Presidensial | www.zonasiswa.com

B. Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan sistem pemerintahan presidensial adalah sebagai berikut.

  1. Kedudukan presiden cukup kuat dan stabil karena tidak dapat dijatuhkan oleh parlemen.
  2. Penyusunan program kerja dapat disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya.
  3. Masa jabatan presiden lebih jelas sehingga memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan program kerjanya.


C. Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

Kelemahan sistem pemerintahan presidensial adalah sebagai berikut:

  1. Presiden berada pada posisi di luar pengawasan langsung legislatif serta pengawasan rakyat yang kurang memiliki pengaruh terhadap pemerintah, sehingga menimbulkan kekuasaan yang mutlak.
  2. Hasil dari keputusan yang kurang tegas, karena keputusan yang diambil merupakan hasil tawar-menawar (lobying) antara kekuasaan eksekutif dan legislatif.
  3. Sistem pertanggungjawaban presiden kurang jelas.

Semoga artikel Pendidikan Kewarganegaraan di atas tentang Sistem Pemerintahan Presidensial bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga artikel tentang Sistem Pemerintahan Parlementer, di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar