Sistem Pemerintahan ~ Untuk menjelankan roda pemerintahan, dibutuhkan suatu sistem agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan semestinya. Sistem tersebut berkaitan erat dengan hubungan antar lembaga negara dalam hal ini adalah ekesekutif dan legeslatif. Apa sih sistem pemerintahan itu? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap mengenai sistem pemerintahan baik pengertian maupun jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Sistem Pemerintahan

Kata sistem berarti keseluruhan erangkat unsur yang secara teratur dan saling berkaitan serta memiliki hubungan fungsional antar bagian tersebut atau secara struktural membentuk mekanisme kerja yang berkesinambungan. Sistem sebagai suatu kesatuan di dalamnya terdapat unsur-unsur yang terikat dalam satu unit yang saling berkaitan dan fungsional.

Arti kata pemerintah adalah sekelompok orang yang memiliki kekuasaan untuk mengatur kehidupan ekonomi, politik, sosial dalam suatu negara. Jadi, sistem pemerintahan dalam ketatanegaraan menyangkut sistem hubungan antar lembaga eksekutif dan legislatif. Selain itu, dapat pula diartikan sebagai keseluruhan dari susunan yang teratur dan saling berkaitan dari lembaga-lembaga negara, baik secara langsung atau tidak langsung menurut rencana untuk mencapai suatu tujuan negara yaitu kesejahteraan rakyat. 

"Sistem pemerintahan adalah hubungan sistem ketatanegaraan yang menyangkut lembaga eksekutif dan legislatif yang bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara dan mesejahterakan rakyat."

Sistem Pemerintahan, Pengertian Sistem Pemerintahan, Jenis-Jenis Sistem Pemerintahan | www.zonasiswa.com

B. Jenis-Jenis Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan digolongkan ke dalam dua jenis yaitu sistem pemerintahan presidential dan sistem pemerintahan parlementer. Kalsifikasi dari kedua sistem pemerintahan tersebut berdasarkan pada hubungan antara kekuasaan legislatif dan kekuasaan eksekutif. 

Disebut sistem presidensial jika lembaga eksekutif berada di luar pengawaran secara langsung oleh lembaga legislatif. Disebut sistem parlementer jika lembaga eksekutif sebagai pelaksana kekuasaan ekskutif mendapat pengawasan secara langsung dari lembaga legislatif.

Inggris adalah negara yang menganut sistem pemerintahan parelementer, bahkan disebut sebagai induk parlementer (Mother of Parliments), sedangkan Amerika Serikat adalah negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Keuda negara ini merupakan negara yang benar-benar menerapkan sistem pemerintahannya di negaranya masing-masing dan sampai sekarang masih konsisten dalam menjalankannya.

Selain sistem pemerintahan presidensial dan perlementer, terdapat juga jenis-jenis sistem pemerintahan lainnya, seperti: sistem pemerintahan semi presidensial, sistem pemerintahan komunis, sistem pemerintahan demokrasi liberal, dan sistem pemerintahan liberal. Dari semua jenis sistem pemerintahan di atas, sistem pemerintahan yang banyak digunakan di dunia ini adalah sistem pemerintahan presidensial dan parelementer. 

  1. Sistem Pemerintahan Presidensial
  2. Sistem Pemerintahan Parlementer
  3. Sistem Pemerintahan Semi Perlementer
  4. Sistem Pemerintahan Komunism
  5. Sistem Pemerintahan Demokrasi Libaral
  6. Sistem Pemerintahan Liberal

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Pendidikan Kewarganegaraan di atas tentang Sistem Pemerintahan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat lebih lengkap mengenai:

  1. Sistem Pemerintahan Presidensial
  2. Sistem Pemerintahan Parelementer

0 komentar:

Poskan Komentar