Fungsi dan Peranan Pers ~ Pada era demokrasi dewasa ini, pers menjadi salah satu ekspresi kedaulatan rakyat serta unsur komunikasi dan pengawasan rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terbentuknya masyarakat yang demokratis dalam suatu negara tidak bisa dipisahkan dari fungsi pers yang ada di negara tersebut. Pers mempunyai fungsi penting bagi perkembangna suatu negara menuju kehidupan berbangsa dan bernegara secara demokratis. Oleh sebab itu, kemerdekaan pers sangat dibutuhkan guna menciptakan kebebasan mengeluarkan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani. Begitu pula dengan kebebasa keadilan serta kebenaran dan usaha untuk meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan wawasan, sebagaimana tercantum pada Pasal 28 UUD 1945.

Setelah pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas pengertian pers, nah pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadrikan Fungsi dan Peranan Pers. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Fungsi dan Peranan Pers | www.zonasiswa.com


A. Fungsi Pers

Kemerdekaa pers merupakan bentuk dari kedaulatan rakyat. Kemerdekaan pers harus mendasarkan diri pada prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supermasi hukum. dengan menggunakan prinsip-prinsip itulah beberapa fungsi pers dirumuskan dalam UU nomor 40 tahun 1999 sebagai berikut.

  1. Fungsi Pers sebagai Media Informasi
    Masyarakat menikamti pers sebab mereka membutuhkan informasi mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam hidupnya, baik informasi politik, ekonomi (bisnis), hobi, life skill, atau bidang-bidang lainnya yang bermanfaat bagi kebutuhan hidupnya. Media menjadi sarana informasi dalam kelompok masyarakat. media meyebarluaskan berbagai peristiwa, kejadian, dan tindakan dari warga atau kelompok masyrakat sehingga dapat diketahui masyarakat lain.  Dalam hal ini, media sebagai sarana komunikasi dari media itu sendiri kepada masyarakat.

  2. Fungsi Pers sebagai Media Pendidikan
    Pers juga dapat berfungsi sebagai media pendidikan (mass education). Pers dapat memuat informasi-informasi yang berguna dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan hidup manusia. Dengan adanya pers, rakyat menjadi semakin cerdas karena bertambah wawasan pengetahuannya. Pers dapat memberikan pendidikan, wawasan pengetahuan, dan mencerdaskan masyarakt. Masyarakat yang secara teratur mencari dan mendapatkan berita dari pers akan semakin luas ilumnya, wawasannya dan pengetahuannya.

  3. Fungsi Pers sebagai Media Hiburan
    Informasi yang disajikan oleh pers kedangkala bersifat hiburan, baik melalui media cetak ataupun media elektronika. Hal ini sesunggguhnya bukan hanya sekadar menimbangi berita-berita yang berat, tetapi kebutuhan hiburan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi.

  4. Fungsi Pers sebagai Media Kontrol Sosial
    Pers harus bisa melaksananakn kontrol sosial untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan, baik korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) maupun penyelewngan dan penyimpangan lainnya dalam kehiudpan bermasyarakt, berbangsa, dan bernegara. Kehadiran kontrol sosial dari pers untuk memperbaiki keadilan melalui media massa. Kontrol sosial yang dilakukan oleh pers merupakan hal yang sangat penting.

  5. Fungsi Pers sebagai Media Komunikasi
    Pers menjadi sarana bagi antarpihak untuk melakuan hubungan, menjalin komunikasi, mendapatkan kebutuhan informasi, dan media untuk mengekspresikan diri, baik secara lisan, tertulis maupun secara visual. Media massa dapat menjadi media komunikasi dua arah, yaitu dari masyrakat ke negara dan dari negara ke masyrakat. Misalnya, negara membutuhkan informasi dari masyrakat mengenai program-program dan kebijakan negara, begitu pula masyarakat membutuhkan informasi-informasi yang telah, sedang, atau akan dilaksanakan pemerintah.

  6. Fungsi Pers sebagai Lembaga Ekonomi
    Saat ini, pers tidak hanya sekadar media informasi, namun sudah merupakan lembaga eknomi. Artnya, pers tumbuh menjadi industri media yang mempu medapatkan dan menyerap lapangan kerja yang cukup signifikan serta mendatangkan keuntunga yang sangat memadai. Oleh karenanya, tumbuhnya investi dalam bidang pers ini cukup menjanjikan.

  7. Fungsi Pers sebagai Media Investigasi
    Pers menjadi sarana untuk mengungkap masalah-masalah publik secara luas, seperti kebijakan pejabat, masalah pembangunan, program, dan usaha-usaha pemerintah kepada masyarakat. Informasi yang sebelumnya tertutup dan terbatas di kalangan pemerintahan dapat menjadi terbuka dan diketahui masyarakat. Pers dapat melakukan laporan dan penyedikan secara mendalam terhadap masalah publik yang sebelumnya tidak diketahui masyrakat menjadi diketahui masyarakat.

  8. Fungsi Pers sebagai Media Program Sosialisasi dan Kebijakan Publik dari Pemerintah Kepada Rakyat
    Melalui perantara pers, progarm, keputasan, kebijakan dan peraturan-peraturan baru dari pemerintah semakin cepat sampai pada masyarakat. Seorang menteri yang mengeluarkan kebijakan baru dapat melakukan konferensi pers dengan mengundang para reporter dan wartawan. Dengan adanya keterbukaan, sangat mendukung untuk menghilangkan ketertutupan informasi. Berbagai program dan kebijakan emerintah sesungguhya merupakan masalah publik yang tidak boleh ditutup-tutupi kepada masyarakat.

B. Peranan Pers

Pers merupakan lembaga infrastruktur politik di negara Indonesia. Pers berada di masyrakat serta memiliki peran dan fungsi bagi masyarakat dan negara. Pers memiliki kedudukn peting dalam masyarakat dan kehidupan bernegara. Dalam negara demokrasi, pers dianggap sebagai pilar demokrasi yang keempat setelah lembaga eksekutif, legilatif, dan kekuasaan yudikatif. Kerena pentingya dalam kehidupan negara demokrasi, pers memiliki peranan sebagai berikut.

  1. Saluran Informasi kepada Masyarakat
    Pers berperan untuk mencari dan menyebarkan berita secara cepat dan luas kepada masyarakat. Pers menjadi sarana informasi antarkelompok masyarakt. Dalam hal ini, pers sebagai sarana komunikasi dari pers itu sendiri kepada masyrakat dan pertukaran informasi antar masyarakat.

  2. Saluran bagi Debat Publik dan Opini Publik
    Pers berperan sebagai sarana komunikasi dari bawah ke atas atau dari masyrakat ke negara Masyarkat luas dapat menyapaikan beragam aspirasi, pendapat, kritik, usul, dan saran melalui pers. Pers menjadi sarana efektif dalam menampung berbagai aspirasi rakyat.

Terima kasih sudah berkenan berkunjugn dan membaca artikel Pendidikan Kewarganegaraan tentang Fungsi dan Peranan Pers, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga:

  1. Pengertian Pers
  2. Kebebasan Pers
  3. Perkembangan Pers di Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar