Fungsi Ideologi ~ Setiap bangsa memerlukan ideologi dalam setiap aspek kahidupan bernegara. Oleh karenanya, ideologi sangat menentukan keberadaan suatu bangsa dan negara. Tapi apasih sebenarnya fungsi dari ideologi tersebut. Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara lengkap apa itu ideologi dan jenis-jenisnya, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan fungsi dari ideologi itu sendiri beserta kekuatan dan makna bagi suatu negara. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Fungsi Ideologi

Begitu pentingnya suatu ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga ideologi dapat berfungsi sebagai berikut.

  1. Strukur Kognitif, yaitu keselurauhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan manafsirkan dunia serta kejadian-kejadian dalam alam sekitarnya.
  2. Orientasi Pasar, yaitu adalah membuka wawasan sehingga memberikan makna dan menunjukkan tujuan di dalam kehidupan manusia.
  3. Memberikan norma-nora yan gmenjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang atau masyarakat untuk melangkah dan bertindak.
  4. Memberikan bekal dan jalan bagi seseorang atau masyarkat untuk menemukan identitasnya.
  5. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang atau masyarakat untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
  6. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, dan membuat pola tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

Fungsi Ideologi, Kekuatan Ideologi, dan Makna Ideologi | www.zonasiswa.com

B. Kekuatan Ideologi

Kekuatan ideologi tergantung kepada kualitas tiga dimensi yang terdapat dalam ideologi tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Dimensi Realita
    Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam dan bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakat atau bangsanya.

  2. Dimensi Idealisme
    Nilai-nilai dasar ideologi tersebut mengandung idealisme yang memberikan harapan masa depan yang lebih baik melalui pengalaman di dalam praktik kehidupan sehari-hari secara bersama-sama.

  3. Dimensi Fleskibilitas (Pengembangan)
    Ideologi tersebut mempunyai keluwesan yang merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan tanpa menghilangkan atau meningkari jati diri yang terkandung pada nilai-nilai dasar tersebut.

C. Makna Ideologi

Makna ideologi bagi suatu negara dapat diartikan sebagai suatu cita-cita dari negara tersebut.

  1. Ideologi memiliki drajat yang tinggi sebagai niali hidup kebangsaan dan kenegaraan.
  2. Ideologi dapat mewujudkan satu asas kerohanian pandangan dunia dan pandangan hidup.


Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Pendidikan Kewarganegaraan di atas tentang Fungsi, Kekuatan, dan Makna Ideologi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga Pengertian dan Jenis-Jenis Ideologi, di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar