Bahasa merupakan salah satu unsur budaya dan simbol bagi manusia dalam berkomunikasi. Melalui bahasa, manusia dapat menyampaikan atau menerima berbagai pesan, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Bahasa dalam lingkup yang luas tidak hanya tertuju pada bahasa lisan atau tertulis. Hubunganya dengan pembahasan antropologi dan budaya, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap menengenai Pengertian dan Fungsi Bahasa. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Bahasa

Secara sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai suatu sistem lambang terorganisasi yang disepakati secara umum dan merupakan hasil belajar yang digunakan untuk menyajikan pengalamanpengalaman dalam suatu komunitas. Bahasa merupakan alat utama penyaluran kepercayaan, nilai, dan norma, termasuk seni dan religi. Bahasa adalah alat untuk berinteraksi dengan orang lain dan sebagai alat bantu berpikir.

Bahasa erat hubungannya dengan budaya mengingat bahasa erat kaitannya dengan pola pikir suatu masyarakat. Artinya, bahasa memegang peranan yang sangat penting di dalam proses berpikir dan kreativitas setiap individu.

Bahasa bersifat simbolis, artinya suatu kata mampu melambangkan arti apapun. Melalui bahasa terjadi pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Misalnya, seorang pelukis di Bali membimbing muridnya cara melukis wayang dengan menggunakan bahasa Bali. Demikian pula, para kyai di pesantren mengajarkan seni membaca al Quran dengan bahasa Arab dan bahasa daerah setempat. Meskipun dengan menggunakan bahasa Indonesia pun sebenarnya bisa. Hal tersebut merupakan bagian dari pewarisan budaya bahasa, seni, dan religi sekaligus.

Menurut Koentjaraningrat, bahasa merupakan sistem perlambangan manusia, baik dengan lisan maupun tertulis untuk berkomunikasi dengan yang lain. Hakikat bahasa dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu hakikat wujud atau substansi dan hakikat fungsi. Hakikat substansi terdiri atas dua unsur, yaitu unsur bersifat bunyi-bunyi bahasa sistematis yang dihasilkan dengan menggunakan alat-alat ucap, dan unsur segala sesuatu yang dapat di nyatakan oleh manusia melalui pikiran, perasaan, kemauan, kenyataan tentang dunia, peristiwa, serta segala pengalaman manusia dalam kehidupannya. Walaupun kedua unsur tersebut secara eksistensial dapat dibedakan, keduanya senantiasa dalamkesatuan. Keberadaannya dalam satu kesatuan ini yang dipahami sebagai suatu bahasa.

Pengertian dan Fungsi Bahasa | www.zonasiswa.com


B. Fungsi Bahasa

Fungsi bahasa adalah sebagai alat untuk berkomunikasi dalam masyarakat. Dalam pengertian yang luas,komunikasi adalah suatu proses penyampaian maksud atau amanat kepada orang lain dengan menggunakan saluran tertentu. Kata-kata kunci dalam pengertian komunikasi adalah proses, maksud atau amanat orang lain, dan saluran. Pengertian komunikasi sebagai suatu proses yang berarti aktivitas komunikasi itu bersifat dinamis. Maksud atau amanat komunikasi bisa berupa informasi tentang fakta, peristiwa, nilai, pendapat, etika, dan keinginan. Orang yang ingin menyam paikan gagasan atau amanat bisa disebut komunikator.Adapun orang yang mendengarkan atau membaca disebut komunike atau lawan tutur, yaitu subyek yang dimaksudkan untuk menerima maksud atau amanat komunikasi. Komunikator disebut juga sebagai sender dan komunike sebagai receiver. Kedua pemeran komunikasi itu memiliki peranan yang penting dalam sebuah peristiwa komunikasi. Oleh karena itu, agar komunikasi dapat berlangsung dengan lancar, keduanya harus bekerja sama dan mengetahui siapa yang menjadi lawan tuturnya itu, baik secara fisik, psikologis, maupun sosiologis.

Jadi, fungsi bahasa yaitu:

  1. simbol atau lambang dari suatu hasil budaya di suatu daerah;
  2. alat berinteraksi atau berkomunikasi;
  3. alat untuk menyalurkan kepercayaan, nilai, dan norma;
  4. alat untuk berpikir;
  5. pedoman untuk melihat kenyataan di masyarakat.


Selain itu, bahasa dapat juga berperan sebagai alat untuk pelestarian dan pewarisan budaya. Melalui bahasa, orang dapat meneruskan atau menerima keterangan-keterangan secara simbolis sehingga dapat menjadi pewaris dari suatu kebudayaan yang kaya dan beranekaragam. Melalui penguasaan bahasa pula, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diikuti serta dikembangkan.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Antropologi di atas tentang Pengertian dan Fungsi Bahasa, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

1 komentar :