Pidato Tentang Narkoba ~ Kasus narkoba kian marak, baik dari segi penggunaan maupun perseberaanya. Sobat tentu ingat gembong-gembong narkoba yang dijatuhi hukuman mati di berbagai berita beberapa bulan kebelakang. Mereka mengedarkan narkoba dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal tersebut mengindikasikan pengguna narkoba di negeri ini yang jumlahnya tidak terhitung. Narkoba adalah barang terlarang. Tidak cuma berdampak buruk bagi kesehatan, efek psikologis serta ekonomi yang diakibatkan juga sangat buruk. Belum lagi efek buruk bagi orang-orang tidak berdosa yang ikut terkena dampaknya.

Tema tentang narkoba biasanya dipilih oleh banyak siswa dalam membuat pidato mereka. Nah, pada kesematan kali ini Zona Siswa akan mencoba menghadirkan sebuah Contoh Naskah Pidato Tentang Narkoba dari Kumpulan Naskah Pidato. Jadikan contoh naskah pidato di bawah ini sebagai contoh bagi sobat dalam menyusun naskah pidato sobat sendiri yang saya yakin lebih baik dari pidato yang saya hadirkan. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pidato Tentang Narkoba | www.zonasiswa.com


Assalamualaikum, Wr., Wb.

Yang saya hormati; kepala sekolah SMA Negeri 176, Jakarta, bapak dan Ibu guru, serta staff tata usaha. Juga, teman-temanku di kelas XII, X serta kelas XI yang sangat kucintai.

Pertama-tama marilah kita penjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena rahmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul di tempat yang insyallah diberkati ini. Tidak lupa, marilah kita juga panjatkan solawat serta salam untuk nabi besar Muhammad SAW yang telah menuntun kita sehingga kita selalu berada di jalanya yang benar.

Para hadirin yang terhormat.

Narkoba? Apa sih itu? Saya yakin anda sekalian sudah sangat mengetahuinya, dan mungkin lebih baik dari pada saya tentang apa itu narkoba dan apa itu manfaat dan ketidakmanfaatannya. Narkoba sebenarnya merupakan sebuah obat yang digunakan untuk membius pasien pada operasi. Tetapi obat yang sebernya bermanfaat tersebut disalah gunakan oleh sebagian orang.

Narkoba telah disalah gunakan sejak lama. Sebagian  orang yang menggunakan narkoba di luar perawatan medis. Mereka menganggap bahwa narkoba dapat membuat mereka merasa lebih baik ketika mereka menghadapi sejumlah masalah sulit yang mereka hadapi. Mereka juga menggunakan narkoba dengan menganggap narkoba dapat membuat mereka merasa mudah untuk menemukan ide-ide baru. Tetapi, kebanyak mereka menggunakan narkoba kerana mereka sudah kecanduan dan susah melepaskan diri dari jeratan narkoba.

Dampak negatif narkoba sangat lah luar biasa, terutama bagi para pemakainya. Dampak negatif tersebut tidak hanya pada kesehatan fisik saja, kesehatan psikologi juga dapat terkena dampaknya. Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan fisik mencakup segala bentuk kerusakan organ seperti system saraf, jantung, pembuluh darah, kulit, paru-paru, reproduksi, serta pecernaan. Belum lagi dampak overdosis dan HIV yang membayangi karena penggunaan narkoba jarum suntik. Damapk negatif penyalahgunaan narkoba terhadapt kesehatan psikis tidak kalah mengerikannya. Pengguna narkoba akan menderita ganguan jiwa, depresi mental, hilangnya kepercayaan diri, sulit berkomunikasi dan agigatif.

Pengaruh narkoba tidak hanya berbahaya untuk pengguna narkobanya saja tetapi juga bagi orang disekelilingnya. Saya yakin anda tidak akan pernah melupakan tragedi terbaru di Tugu Tani, Jakarta, ketika seorang pengguna narkoba, Apriliani, mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi dan menabrak pejalan kaki di sebuah halte. Tragedi terbaru yang terjadi di Pondok Indah ketika seorang pria dengan pengaruh narokoba mengenadarai mobil dan menabrak banyak orang adalah contoh lainnya. Itu sudah jelas membuktikan bahwa pengaruh narkoba, halusinasi dari pengguna narkoba lebih besar dari pada orang normal lainnya. Mereka tidak bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia halusinasi dan menganggap segala hal disekelilingnya hanyalah sebuah mimpi dan bukanlah kenyataan.

Para hadirin yang terhormat.

Tapi sungguh sangat menyedihkan, dari semua dampak yang di hasilkan dari narkoba, baik dari segi pengunanya sendiri maupun orang-orang disekililingnya, banyak generasi muda kita yang mengkonsumisnya. Jenis-jenis narkoba seperti Heroin, cokain, koplo, dextron, ektasi, ganja, dikonsumsi hanya untuk mendapatkan kenikmatan sesaat, untuk mendapatkan kepuasan sementara, tanpa memikirkan masa depan mereka, yang mereka pikirkan hanyalah kesenangan sekejap semata. Semua kerusakan yang diakibatkan oleh narkoba membuka mata kita bahwa penggunaan narkoba di luar pelayanan medis tidak ada manfaatnya. Karena narkoba hanya menuntuk kita ke kehancuran untuk penggunanya dan untuk orang-orang di sekelilingnya.

Karena narkoba begitu sangat berbahaya untuk itu kita harus menjauh darinya. Kita harus berani menolak dan berkata tidak untuk penggunaan semua jenis narkoba. Jangan mencoba untuk mengkonsumisnya dan juga untuk memperjual-blikannya. Terima kasih, semoga pidato yang saya sampaikan berikut bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian dan juga bagi saya pribadi sendiri.

Wasalamualaikum, Wr., Wb.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca contoh naskah Pidato Tentang Narkoba di atas, semoga bisa menjadi contoh bagi sobat sekalian dalam membuat pidato yang saya yakin lebih baik dari pidato di atas. Apabila ada dari sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari contoh pidato di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar