Benua Eropa merupakan satu-satunya benua yang berbatasan darat dengan Asia. Luas wilayah Eropa mencapai 10.355.000 km2. Secara astronomis, Eropa terletak pada 9'BB–60'BT dan 80'LS–35'LU. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahas mengenai seluk-beluk Benua Eropa, semoga bermanfaat. Check this out!!!

Secara geografis, Eropa terbagi atas empat kawasan yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Eropa ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Laut Tengah di selatan, dengan Samudra Atlantik di barat, serta dengan Asia, Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia di bagian timur.

A. Keadaan Alam

Keadaan alam Eropa sangat beragam karena termasuk dalam rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania. Puncak tertinggi di Benua eropa adalah Gunung Elbrus (5.633 m) dan titik terendahnya Laut Kaspia yang berada pada kedalaman 28 meter di bawah permukaan laut. Secara garis besar keadaan alam Benua Eropa dikelompokkan menjadi empat sebagai berikut.

  1. Pegunungan Tinggi Selatan
    Bagian selatan Benua Eropa didominasi oleh Pegunungan Alpen dengan puncaknya Gunung Mount Blanc (4.813 m). Pegunungan ini membentang dari Spanyol sampai Pegunungan Kaukasus. Rangkaian pegunungan Alpen meliputi Pegunungan Pyrena antara Spanyol dengan Prancis, Pegunungan Ural antara Eropa dengan Asia, dan Pegunungan Kaukakus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia.

  2. Dataran Rendah Tengah
    Sebagian besar bentang alam Eropa merupakan dataran rendah yang terletak meluas dari Lembah Garone di Prancis sampai Pegunungan Ural di Asia Timur. Negaranegara Eropa yang terletak di daerah dataran rendah ini antara lain Prancis, Belanda, Luksemburg, Belgia, Jerman, Polandia, dan Rusia.

  3. Dataran Tinggi Tengah
    Dataran ini terletak di antara dataran rendah tengah dengan Pegunungan Alpen di bagian selatan. beberapa dataran tinggi yang terletak di wilayah ini antara lain Dataran Tinggi Meseto (Spanyol), Dataran Tinggi Masif Tengah (Prancis), Dataran Tinggi Ardenes (Belgia), Dataran Tinggi Vosges (Prancis).

  4. Dataran Tinggi Barat Laut
    Dataran tinggi ini membentang dari Prancis bagian barat melalui Kepulauan Inggris, Skandinavia (Norwegia dan Skotlandia).

Rangkaian pegunungan yang terdapat di Eropa merupakan sumber mata air bagi sungai-sungai besar yang mengalir di daratan Eropa. Berdasarkan arah aliran dan tempat bermuaranya, sungaisungai besar di Eropa dikelompokkan menjadi lima yaitu sebagai berikut.

  1. Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Tengah yaitu Sungai Ebre (Spanyol), Sungai Rhone (Prancis), dan Sungai Po (Italia).
  2. Sungai-sungai yang bermuara ke arah barat (Samudra Atlantik) yaitu Sungai Seine, Sungai Rhein, Loire (Prancis), dan Sungai Guadiana (Portugal).
  3. Sungai-sungai yang bermuara ke laut utara yaitu Sungai Wesser dan Sungai Elbe (Jerman), Sungai Oder, Sungai Vistula (Polandia).
  4. Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia yaitu Sungai Volga (sungai terpanjang di Eropa).
  5. Sungai yang bermuara ke Laut Hitam yaitu Sungai Donau (Rumania).

B. Iklim

Sebagian besar wilayah Eropa beriklim subtropis, kecuali bagian paling selatan. Hal ini disebabkan oleh posisinya yang berada di atas garis balik utara. Iklim tersebut turut dipengaruhi oleh keberadaan pegunungan dan lautan yang melingkari setengah bagian Eropa.

Kondisi iklim dan keadaan alam Eropa sangat berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan dan hewan yang hidup di wilayah ini. Jenis tumbuhan yang hidup di Eropa merupakan jenis tumbuhan tundra, berbagai jenis rumput pendek, dan lumut di kawasan utara. Hewan yang hidup di daerah itu ialah hewan-hewan khas subtropis seperti serigala dan rusa kutub. Di kawasan bagian selatan, banyak tumbuh jenisjenis cemara dan tumbuhan berdaun jarum lainnya. Di kawasan tersebut hidup satwa-satwa bertubuh kecil seperti rubah dan landak. Adapun di lereng-lereng pegunungan Eropa Tengah banyak ditumbuhi oleh hutan gugur daun.

C. Kependudukan

Pada tahun 2007, diperkirakan jumlah penduduk Eropa mencapai 727.000.000 jiwa. Kepadatan penduduk Eropa rata-rata 71 orang per km2. Laju pertumbuhan penduduk Eropa sangat rendah bahkan kurang dari 1%, yaitu hanya 0,2% per tahun. Usia harapan hidup penduduk Eropa adalah 75 tahun dan merupakan yang tertinggi di antara benuabenua lainnya karena tingginya tingkat kesejahteraan.

Penduduk Eropa sangat beragam, namun sebagian besar penduduknya termasuk keturunan induk bangsa Kaukasoid yang terbagi menjadi beberapa suku bangsa. Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, penduduk Eropa dikelompokkan menjadi lima suku bangsa, yaitu sebagai berikut.

  1. Bangsa Nordik. Ciri fisik suku bangsa ini rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit. Mereka banyak tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara, yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman bagian utara.
  2. Bangsa Alpen, dengan ciri fisik rambut hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi. Suku bangsa ini banyak terdapat di Eropa Tengah dan Eropa Selatan, yaitu Prancis, Swiss, Polandia, Austria, dan Jerman bagian selatan.
  3. Bangsa Mediteran, dengan ciri fisik rambut hitam, mata hitam, badan dan tengkorak menyerupai bangsa Nordik, terdapat di kawasan Eropa Selatan, yaitu Yunani, Italia, Portugis, dan Spanyol.
  4. Bangsa Slavia, dengan ciri fisik menyerupai bangsa Alpen. Mereka banyak tinggal di Eropa Timur yaitu Kroasia, Bulgaria, Serbia, Montonegro, Ceko, Rusia, Ukraina, dan Slovakia.
  5. Bangsa Dinarik, dengan ciri rambut gelap banyak terdapat di Rumania.

Penduduk Eropa menganut beragam agama. Agama dengan jumlah pemeluk terbanyak ialah Katolik Roma yang pemeluknya tersebar di Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Irlandia, Belgia, Jerman bagian selatan, dan Polandia. Kelompok terbesar kedua ialah Kristen Protestan yang sebagian besarnya berada di negara-negara Eropa Utara dan Eropa Tengah seperti Inggris, Skotlandia, Jerman bagian utara, Belanda, dan negara-negara Skandinavia. Kelompok terbesar ketiga adalah pemeluk Kristen Ortodoks yang umumnya tinggal di Rusia, Ukraina, Belarusia, Yunani, Bulgaria, Rumania, serta Serbia dan Montenegro. Kemudian di hampir setiap negara Eropa terdapat banyak komunitas pemeluk Yahudi dengan jumlah terbanyak di Rusia. Agama Islam banyak dianut oleh penduduk Eropa Timur. Di Bosnia dan Albania, Islam merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbanyak, sedangkan di negara Jerman, Prancis, dan Belanda, Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbanyak kedua.

Benua Eropa | www.zonasiswa.com


D. Perekonomian

Aktivitas ekonomi di sebagian besar wilayah Eropa bertumpu pada industri. Beberapa negara Eropa telah menjadi negara industri maju. Jenis industri yang berada di Eropa sangat beragam. Industri utamanya meliputi pembuatan dan perakitan kendaraan, alat elektronika, pengolahan minyak, makanan, dan pakaian.

Selain industri, pertanian Eropa pun berkembang tak kalah pesatnya. Jenis tanaman yang ditanam di Eropa meliputi gandum, jagung, kentang, dan buah-buahan. Pertanian biasanya dilakukan secara terpadu bersama peternakan yang memberi-kan hasil melimpah dalam bentuk daging, kulit, susu, keju, mentega, dan benang wol.

Di samping itu, Eropa merupakan kawasan yang memiliki cadangan bahan tambang dalam jumlah banyak. Karena itu, pertambangan juga berkembang pesat. Beberapa hasil tambang Eropa meliputi batubara, bijih besi, perunggu, mangan, nikel, dan potasium.

E. Karakteristik Benua Eropa

Berikut beberapa karakteristik Benua Eropa.

  1. Sebagian besar penduduknya keturunan kulit putih.
  2. Terdapat keajaiban dunia yang berupa menara yaitu Menara Eifel (Prancis) dan Menara Pisa (Italia).
  3. Asal dari bahasa yang digunakan secara internasional yaitu bahasa Inggris.
  4. Pusat olahraga sepak bola dunia.
  5. Pusat mode dunia yaitu di Paris dan Milan.
  6. Tempat tokoh-tokoh penjelajah dunia.
  7. Pelopor dalam penemuan dan ilmu pengetahuan, serta teknologi.
  8. Tempat lahirnya ideologi-ideologi kapitalisme, kolonialisme, imperalisme, sosialisme, liberalisme, dan komunisme.

F. Negara-Negara di Benua Eropa

Berikut ini data negara-negara di Benua Eropa.

Daftar negara-negara di Benua Eropa | www.zonasiswa.com


Semoga penjelasan mengenai Benua Eropa di atas bisa menambah wawasan sobat sekalian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ya sobat. Terima kasih... ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

3 komentar:

  1. trima kasih atas postingannya cukup membantu saya....izin copy y...... : - )

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas postingan nya, sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah. izin copy yaa.. :)

    BalasHapus