Benua Antartika jarang diperbincangkan orang, bahkan kamu mungkin belum tahu tentang benua ini. Benua Antartika merupakan benua yang tidak dihuni manusia, tempat paling dingin di Bumi dan hampir seluruh wilayahnya tertutup salju. Benua ini terletak di Kutub Selatan Bumi. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan membahas mengenai Benua Antartika, semoga bermanfaat. Check this out!!!

Benua Antartika merupakan benua yang ditemukan terakhir. Pada tahun 1773 Kapten James Cook yang berasal dari Inggris merupakan orang pertama yang melewati lingkaran Antartika. Benua Antartika baru ditemukan pada tahun 1820. Siapa yang menemukannya pertama kali tidaklah jelas, sebab ada tiga orang dari tiga negara yang mengklaimnya. Mereka adalah Fabian von Bellingshausen dari Rusia, Edward Bransfield dari Britania Raya, dan Nathaniel Palmer dari Amerika Serikat. Pada tahun 1911 Roald Amundsen dari Norwegia adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan. Roald Amundsen memulai perjalanannya pada tanggal 19 Oktober 1911 dan sampai di Kutub Selatan pada tanggal 14 Desember 1911.

A. Keadaan Alam

Antartika merupakan tempat yang paling dingin dan paling tandus di permukaan bumi. Hampir seluruh daerah Antartika tertutup es dengan ketebalan mecampai 3km bahkan lebih. Karena berat, es itu sendiri secara perlahan terdorong ke pantai yang kemudian patah menjadi pecahan gunng es di lautan es selatan. Di benua ini juga terdapat pegunungan raksasa, yaitu pegunungan Transantartika yang memanjang hampir 5.000km. Pegunugan ini membagi Benua Antartika menjadi dua wilayah utama yaitu Antartika Timur (Antartika besar) dan Antartika barat (Antartika Kecil)

Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi dari Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es dengan ketebalan lebih dari 3.000 m.

Antartika memiliki kandungan sumber daya alam cukup melimpah. Bahan tambang yang terdapat di Antartika antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Walaupun di Antartika terdapat banyak bahan tambang, saat ini upaya penambangan belum dilakukan. Kondisi alam di Antartika tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan.

Lembaran lapisan es di atas perairan mendukung sekitar 10% dari total luas Benua Antartika. Ross Ice Shelf (Selat Es Ross) dan Ronne Ice Shelf (Selat Es ROnne) merupakan dua lapisan es perairan yang paling luas. Tidak semua wilayah Antartika tertutup es, di antaranya sebagian besar lahan di Semenanjung Antartika, Wilkes Land, Southern Victoria Land, banyak tempat di Pulau Ross dan puncak serta lembah Pegunungan Transantartika dan Pegunungan Ellsworth yang beruap kenampakan batuan.

Benua Antartika | www.zonasiswa.com


B. Keadaan Iklim

Antartika adalah wilayah yang paling dingin di bumi. Sebagaian besar wilayah di benua ini mengalami suhu di bawah nol yang berlangsung hampir sepanjang waktu. Suhu rata-rata pada musim dingin berada antara -40'C dan -70'C di wilayah pedalaman sedangkan untuk wilayah pantai suhunya mencapai -20'C dan -30'C. Di wilayah ini juga sering terjadi angin topan dan hujan salju.

Iklim Antartika yang sangat ekstrem menyebabkan sedikit makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang dapat bertahan hidup. Beberapa yang ada diantaranya adalah spesies alga (ganggang) dan lumut. Sementara jenis hewannya adalah serangga, albatros, penguin, kril (sejenis udang), cumi-cumi, aning laut dan ikan paus.

C. Penduduk

Benua Antartika tidak mempunyai penduduk tetap. Manusia yang berada di Antartika pada umumnya adalah para ilmuan yang datang melakukan penelitian dan para wisatawan. Populasi manusia di musim dingin mencapai 1.000 jiwa. Sementara populasi pada musim panas mencapai sekitar 4.000 jiwa.

Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari, 1978) sampai sekarang adalah orang pertama yang lahir di Antartika. Ia adalah seorang warga negara Argentina. Lalu pada tahun 1986/ 1987 di stasiun Chili lahir pula seorang anak lelaki dan perempuan.

(gambar)

D. Karakteristik Benua Antartika

Karakteristik Benua Antartika adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan benua yang seluruh daratannya tertutup es.
  2. Benua yang tidak ditempati manusia secara permanen.
  3. Benua yang seluruh wilayahnya berada di lintang lebih dari 66'LS - 30’LS.
  4. Terdapat cadangan air tawar terbesar di dunia yang berupa lapisan es.


E. Klaim Teritorial

Beberapa negara, terutama yang letaknya tidak jauh dari Antartika pada awal abad ke-20 mengklaim beberapa wilayah di Antartika. Pengklaiman ini secarapraktis tidak ada artinya, namun seringkali digambarkan oleh para ahli kartografi dalam membuat peta dan atlas.

  1. Argentina: 25° B sampai 74° B; sebagian meliputi wilayah Chili dan Britania. Ant├írtida Argentina diklaim pada tahun 1943 sebagai bagian wilayah Provinsi Terra Fuega, Antartica, dan Kepulauan Atlantika Selatan.
  2. Australia: 160° T sampai 142° T dan 136° T sampai 45° T; diklaim pada 1933 sebagai Teritorium Antartika Australia.
  3. Britania Raya: 20° B sampai 80° B; meliputi wilayah Argentina dan Chili, diklaim pada tahun 1908, lihat pula Teritorium Antartika Britania.
  4. Chili: 53° B sampai 90° B; juga meliputi wilayah Argentina dan Britania; mulai tahun 1940.
  5. Perancis: 142° T sampai 136° T; tanah Adelie diklaim pada 1924.
  6. Selandia Baru: 150° B sampai 160° T; Dependensi Ross diklaim pada 1923.
  7. Norwegia: 45° T sampai 20° T; diklaim pada 1938 sebagai Tanah Dronning Maudland, termasuk pulau Peter I. Walaupun antara 90O B dan 150O B belum diklaim siapa-siapa.


Terima kasih sudah bekenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang Benua Antartika, semoga bisa menambah wawasan sobat seklian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

4 komentar:

  1. Antartika bukanlah sebuah benua bung...dengan apa anda bisa buktikan? dengan peta? hehe...anda salah satu korban pembodohan sejak 500 tahun lalu...

    BalasHapus
  2. Tidak masalah antartika itu benua,atau bukan..bumi bulat atau datar. Dua penganut yang sama sama hidup di bumi yang sama. Dibodohin atau enggak, itu semua cuma "KATANYA" ilmuwan. Entah itu rekaya atau bukan baik bulat atau datar yang terpenting bersikap dan jagalah kelestarian bumi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan Mas Candra Setyawan

      Hapus