Benua Afrika merupakan benua terbesar ke tiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2. Secara astronomis, Afrika terletak pada 17'BB–52'BT dan 35'LU–34'LS. Secara geografis, Afrika terbagi atas lima kawasan yakni Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, dengan Samudra Hindia di selatan dan timur, serta dengan Samudra Atlantik di barat. Nah, setelah kemarin kita membahas Benua Asia, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahas mengenai benua afrika secara lengkap, semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Keadaan Alam

Keadaan alam benua Afrika terdiri atas lima bagian. Bagian yang pertama ialah kawasan pegunungan, antara lain Pegunungan Atlas di utara dan Pegunungan Drakens di selatan. Bagian yang kedua ialah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Fauta Jallon di bagian barat serta Plato Jos, Adamaous, Banga, Kata, Tibesi, dan Kamerun. Bagian yang ketiga merupakan wilayah Great Rift Valley (Lembah Retak Besar) yang memanjang dari Anatolia hingga ke Danau

Malawi melewati Lembah Yordan, Laut Mati, Danau Turkana, dan Danau Victoria. Bagian keempat ialah kawasan ledok atau basin yang membentuk daerah aliran sungai, rawa, serta gurun seperti basin Niger, Kongo, Kalahari, dan Chad. Adapun bagian kelima adalah dataran pantai di luar lingkup plato.

Gunung tertingginya adalah Gunung Kilimanjaro (+6.010 m) terdapat di Tanzania, selain itu terdapat Gunung Kenya, Gunung Marrah, Gunung Ruwensori, dan Gunung Elgon. Gurun pasir di Afrika terdapat di bagian utara dan bagian selatan. Di Afrika bagian utara terdapat Gurun Sahara dan Gurun Libia, sedangkan di bagian selatan terdapat Gurun Kalahari dan Gurun Namib.

Sungai-sungai besar yang mengalir di wilayah Afrika antara lain Sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di dunia (6.690 km), Sungai Kongo, Sungai Niger, Sungai Limpopo, Sungai Zambezi, dan Sungai Orange. Danau-danaunya antara lain Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Nyasa, Danau Chad, dan Danau Nasser.

B. Iklim

Sebagian besar wilayah Afrika beriklim tropis, kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato.

Kondisi iklim dan keadaan alam sangat memengaruhi persebaran tumbuhan dan hewan yang hidup di Afrika. Karena itu, tumbuhan yang hidup di Afrika merupakan gabungan antara tumbuhan hujan tropis seperti beberapa jenis lumut, tumbuhan paku, semak, dan tumbuhan berdaun lebat di kawasan Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Di kawasan utara, tumbuhan yang hidup umumnya merupakan jenis rumput, belukar dan tumbuhan berbatang lunak. Begitu pula di selatan, tumbuhan yang hidup umumnya jenis rumput, belukar, dan tumbuhan berbatang lunak.

Jenis satwa yang hidup di kawasan Afrika Utara merupakan perpaduan aneka jenis hewan khas Eurasia, sedang di wilayah tengah dan selatan, umumnya jenis hewan bertubuh besar dan kuat semacam singa, gajah, hyena, burung unta, dan sebagainya.

Benua Afrika | www.zonasiswa.com


C. Kependudukan

Pada tahun 2007, diperkirakan jumlah penduduk Afrika mencapai 936.000.000 jiwa. Kepadatan penduduk Afrika kurang lebih 31 orang per km2. Laju pertumbuhan penduduk Afrika sangat tinggi, yaitu 2,5% per tahun. Angka kematian penduduk di Afrika merupakan yang tertinggi di antara benua-benua lain karena banyak terjadinya wabah penyakit dan peperangan.

Sebagian besar penduduk Benua Afrika adalah keturunan negro yang berkulit hitam. Hal inilah yang menyebabkan Benua Afrika mendapat julukan Benua Hitam. Bangsa Negro di Afrika dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu Negro Sudan dengan ciri kulit hitam, bibir tebal, dan rambut keriting, golongan kedua adalah Negro Bantu dengan ciri seperti Negro Sudan tetapi kulitnya lebih terang. Secara garis besar penduduk Afrika digolongkan menjadi empat kelompok besar sebagai berikut.


  1. Ras Negro yang mendiami sebelah selatan Gurun Sahara merupakan penduduk mayoritas. Ras negro ini terdiri atas beberapa suku bangsa seperti Suku Masai, Suku Kikuyu, Suku Zulu, Suku Sudan, dan Suku Bantu.
  2. Ras Kaukasoid dari keturunan Arab yang mendiami Afrika Utara. Ras ini terdapat di sepanjang pantai Laut Tengah dan terdiri atas dua suku bangsa yaitu suku bangsa Semit dan suku bangsa Hamid.
  3. Ras Kaukasoid dari keturunan Eropa dengan kulit putih, keturunan Eropa ini jumlahnya sedikit dan banyak tinggal di Afrika Selatan.
  4. Suku pribumi merupakan penduduk asli yang banyak tinggal di daerah-daerah pedalaman. Suku pribumi terdiri atas Suku Pygmy di hutan Kongo, Suku Bushman di Gurun Kalahari, dan Suku Hottentot di Afrika Selatan.


Bahasa yang paling banyak digunakan di Afrika ialah bahasa Swahili sekaligus sebagai bahasa pemersatu penduduk Afrika. Kemudian disusul oleh bahasa Arab yang dipakai oleh hampir seluruh penduduk Afrika Utara.

Penduduk Afrika menganut beragam agama. Di kawasan Afrika Barat dan Utara, Islam menjadi agama yang dominan. Di kawasan Afrika Selatan, Kristen menempati posisi pertama jumlah pemeluk agama di atas Islam dan sedikit Hindu. Di kawasan Afrika Tengah, jumlah penganut terbanyak ialah kaum yang memiliki kepercayaan animisme di atas jumlah pemeluk Islam. Adapun di kawasan Afrika Timur, penganut Islam dan kepercayaan animisme hampir sama banyaknya. Agama lain yang dianut oleh penduduk Afrika ialah sedikit Yahudi, dan Katolik Roma.

D. Perekonomian

Aktivitas pertanian di sebagian besar wilayah Afrika didominasi oleh pertanian. Pertanian di Afrika umumnya digiatkan di sekitar daerah aliran sungai seperti Sungai Nil. Benua Afrika memiliki barang tambang yang berlimpah dengan hasil utamanya antara lain intan, yang memasok 98% dari hasil dunia, emas (35%) mangan (25%), tembaga (20%), dan minyak bumi yang banyak terdapat di Afrika Utara dan Afrika Barat. Selain itu, aktivitas perekonomian juga mengandalkan hasil kehutanan seperti kayu dan kulit binatang.

F. Negara-Negara di Benua Afrika

Berikut ini data negara-negara di Benua Afrika.

Benua Afrika | www.zonasiswa.com


Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang Benua Afrika, semoga bisa menambah wawasan sobat sekalian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ya sobat. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

0 komentar:

Poskan Komentar