Surat Undangan - Sudah lama terasa tidak membahas kembali mengenai surat. Sobat tentunya pernah dong menulis surat. Kebanyakan sih surat izin tidak masuk kelas kan. Hehehehe... Bagiamana dengan menulis surat undangan? Pernah? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahas mengenai Surat Undangan, baik pengertian dan contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa itu Surat Undangan?

Surat undangan adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan para peserta untuk mengikuti kegiatan organisasi. Kata undangan adalah kata turunan, berasal dari kata dasar undang dan akhiran an. Undang berarti panggil. Mengundang berarti memanggil atau mempersilahkan datang. Fungsi akhiran an, pembentuk kata benda. Oleh karena itu, undangan berarti orang yang dipanggil/dipersilahkan hadir.

Surat undangan adalah surat yang berfungsi memanggil dan mengharapkan seseorang (penerima surat) untuk hadir pada waktu, hari, tanggal

Surat undangan tak ubahnya penghormatan untuk datang yang diberikan oleh penulis surat kepada si penerima surat. Untuk dapat bertindak sebagai tanda penghormatan maka surat undangan hendaknya disusun di kertas menarik dan berkualitas baik, jelas isi yang terkandung di dalamnya, menggunakan sampul yang sesuai, dan disampaikan dengan tenggang waktu cukup untuk sehingga si penerima surat dapat mempersiapkan diri untuk memenuhi undangan tersebut.

Tenggang waktu yang cukup amat penting untuk diperkirakan oleh pengirim surat undangan sehingga yang diundang dapat mempersiapkan diri dengan baik dan juga untuk menulis surat jawaban undangan apabila terpaks tidak dapat menghadiri undangan tersebut.

Surat undangan yang bermaksud membahas suatu masalah yang memerlukan daya pikir dan diharapkan membuahkan keputusan tertentu, sebaiknya disertai berkas-berkas atau bahan yang menjadi bahan rapat atau pertemuan. Sebaiknya, bahan itu disampaikan jauh sebelumnya agar si penerima undangan dapat mempelajari terlebih dahulu materi tersebut.

B. Contoh Surat Undangan

Berikut ini adalah 2 conth sederhana dari surat undangan, yaitu sebagai beirkut:

Surat Undangan | www.zonasiswa.com

Surat Undangan | www.zonasiswa.com


Semoga penjelasan di atas tentang Surat Undangan bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada dari sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kirana kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih sobat. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

0 komentar:

Poskan Komentar