Sistem Operasi Komputer- Dalam satu komputer dapat dijumpai banyak program aplikasi. Hebatnya, komputer mampu menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus. Artinya, aneka pekerjaan dapat ditangani komputer sekaligus. Hal ini dapat terjadi berkat sistem pengatur dalam komputer. Sistem ini tidak lain adalah sistem operasi. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahas mengenai Sistem Operasi Komputer baik pengertian, tugas dan jenisnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi merupakan software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengatur semua sumber daya dalam komputer. Tugas atau fungsi sistem operasi misalnya mengontrol penyimpanan data dan mengatur kerja perangkat keras. Dapat dikatakan bahwa komputer tidak dapat membantu kerja manusia jika tidak ada sistem operasi. Hal ini disebabkan sistem operasi adalah tempat meletakkan program aplikasi.

Operating System (OS) merupakan kumpulan dari beberapa perintah atau program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki.

Sistem Operasi Komputer | www.zonasiswa.com


B. Tugas Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi (operating system) adanya komunikasi antara pengguna komputer dengan komputer, sehingga komputer dapat menjalankan instruksi yang diberikan dan menghasilkan keluaran (ouput) yang diharapkan. Adapun tugas dan fungsi sistem operasi dalam sistem komputer adalah:

  1. Mengelola Program
    Dewasa ini komputer menjadi alat bantu hebat karena komputer mampu menangani beberapa pekerjaan sekaligus. Hal ini sesuai dengan keinginan pengguna komputer yang rata-rata menggunakan banyak program aplikasi sekaligus. Pemakaian sumber daya untuk menangani program aplikasi ditangani oleh sistem operasi. Sistem operasi memungkinkan suatu program aplikasi tetap berjalan meskipun ada program aplikasi lain yang mengalami gangguan (error).

  2. Mengelola Memori
    Kapasitas memori (Random Access Memory/RAM) sangat terbatas. Misalkan semua kapasitas RAM telah digunakan untuk menjalankan program aplikasi tetapi pemakai komputer akan menjalankan satu lagi program aplikasi. Komputer akan menggunakan sebagian kapasitas hard disk untuk menjalankan program aplikasi tambahan ini. Pengalihan beban kerja dari RAM ke hard disk dilakukan oleh sistem operasi.

  3. Menyediakan Antarmuka Pengguna (User Interface)
    Sistem operasi menyediakan sarana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer. Sarana ini digunakan untuk memerintah komputer. Misalnya saat Kita menggunakan sistem operasi Windows XP. Sistem operasi ini menyediakan user interface berupa simbol, gambar, atau ikon. Ikon atau gambar ini dapat Kita klik sehingga komputer melakukan tugas sesuai keinginan Kita.

C. Jenis Sistem Operasi Komputer

Di pasaran tersedia banyak sistem operasi. Kita dapat memilih sistem operasi LINUX, Microsoft Windows, atau sistem operasi yang lain. Untuk mengetahui beberapa sistem operasi, simak uraian berikut.

  1. Sistem Operasi MS-DOS
    Sistem operasi MS-DOS dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer, Anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MSDOS yang digunakan berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.

  2. Sistem Operasi Microsoft Windows
    Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, sistem operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini telah lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows

  3. Sistem Operasi Mac OS
    Mac OS kependekan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju. Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya Mac OS kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows.

  4. Sistem Operasi UNIX
    Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. UNIX digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line interface. Keadaan ini menyulitkan bagi pengguna (user) baru. Untuk memudahkan penggunaan, sekarang UNIX juga disediakan dalam versi Graphical User Interface.

  5. Sistem Operasi LINUX
    LINUX merupakan pengembangan dari UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh programmer-programmer di dunia.

Semoga artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tentang Sistem Operasi Komputer di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan berasma. Jangan lupa di like dan share ke teman-teman yang lainnya ya sobat. Terima kasih ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

3 komentar: