Surat Pribadi - Telah sobat pelajari tentang jenis-jenis surat pada artikel sebelumnya, surat dibagi menjadi dua berdasarkan pembuatanannya yaitu surat resmi dan surat pribadi. Surat yang sering kita buat adalah surat pribadi. Nah, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan menocoba menghadirkan suatu penjelasan mengenai pengertian, jenis, ciri dan contoh surat pribadi. Semoga bisa bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa itu Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang ditulis atas nama pribadi seseorang serta berisi masalah pribadi penulis, baik yang ditujukan kepada teman, keluarga maupun instansi tertentu. Contoh surat ini adalah surat untuk keluarga, surat lamaran kerja, dan surat permohonan izin bangunan.

B. Jenis-jenis Surat Pribadi

Berdasarkan isi suratnya, surat pribadi dibagi menjadi dua macam, yaitu:
  1. Surat Keluarga
    Surat keluraga adalah surat yang ditulis oleh pribadi yang ditujukan kepada orang lain, baik keluarga, soudara, ataupun sahabat. Isi surat keluarga biasanya bersifat pribadi yang menyangkut masalah-masalah pribadi. Dulu, orang yang tinggal jauh dari orang tua sering mengirim surat keluarga untuk sekedar memberitahu kabar dan lain sebagainya. Tapi sekarang, orang cenderung menggunakan telepon karena lebih praktis.

  2. Surat Setengah Resmi
    Surat setengah resmi adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada instansi atau lembaga organisasi tertentu. Jenis surat ini misalnya surat lamaran kerja, permohonan IMB dan surat permohonan izin/cuti. Berbeda dengan surat keluarga, surat setengah resmi menggunakan bahasa yang sesuai EYD dan menggunakan kalimat yang efektif seperti pada surat resmi. Surat setengah resmi ini masih sering digunakan sampai sekarang.

C. Ciri-ciri Surat Pribadi

Untuk membedakan dengan surat resmi, beirkut ini adalah beberapa ciri-ciri surat pribadi, dianaranya yaitu:
  1. Tidak menggunakan kop surat.
  2. Tidak mencantumkan nomor surat, lampiran serta perihal.
  3. Menggunakan format bebas.
  4. Menggunakan bahasa bebas untuk surat keluarga, dan bahasa resmi untuk surat setengah resmi.

D. Contoh Surat Pribadi

Berikut di bawah ini adalah contoh sederhana surat pribadi baik surat keluarga maupun surat setengah resmi. Perhatikan, dan buat kreasi surat pribadi sobat sendiri.
1. Surat Keluarga

Surat Pribadi | www.zonasiswa.com


2. Surat Setengah Resmi

Surat Pribadi | www.zonasiswa.com


Terima kasih sudah berkenan membaca penjelasan di atas tentang Surat Pribadi, semoga bisa bermanfaat bagi sobat seklian. Apabila ada dinatara sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

0 komentar:

Poskan Komentar