Peraturan Sepak Bola - Dalam segala permainan dibutuhkan suatu peraturan untuk menjadikan permainan tersebut baik dan adil. Sepak bola juga butuh suatu peraturan. Tau kah sobat peraturan-peraturan dalam bermain sepak bola? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa kembali akan membahas mengenai materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) tentang Peraturan Sepak Bola. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Ada beberapa peraturan yang perlu di perhatikan ketika ingin bermain sepak bola, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Lapangan Permainan

  1. Bentuk Lapangan
    Bentuk lapangan sepak bola ialah persegi panjang.
    Panjang : 90–120 m
    Lebar   : 45–90 m

    Untuk lapangan yang digunakan pertandingan Internasional:
    Panjang : 100–110 m
    Lebar   : 64–75 m

  2. Daerah Sudut
    Daerah ini terdapat di setiap sudut lapangan, ditandai dengan tiang bendera setinggi 1,5 m. Tempat ini merupakan tempat tendangan sudut dilakukan.

  3. Area penalti
    Pada ujung kedua garis gawang lapangan terdapat dua garis sejajar dengan panjang 16,5 m dari tiang gawang. Garis-garis tersebut disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3 m sejajar dengan garis gawang. Di daerah tersebut sebuah titik dengan jarak 11 meter dari garis gawang. Titik tersebut dikenal dengan titik penalti.

  4. Lingkar tengah
    Lingkaran yang terdapat tepat di tengah lapangan merupakan tempat dilakukannya kick off atau tendangan di awal pertandingan, memulai babak kedua, dan memulai pertandingan setelah terjadi gol. Lingkaran ini memiliki jari-jari 9,15 m.

  5. Gawang
    Gawang terletak di tengah garis gawang dengan tinggi dua tiang yang berdiri tegak yaitu 2,44 m dan dihubungkan dengan tiang horizontal yang panjangnya 7,32 m. Lebar tiang gawang tidak boleh lebih dari 15 cm. Gawang dilengkapi jaring untuk menjaring bola yang masuk gawang dan meyakinkan pemain dan penonton bahwa bola benar-benar masuk.

Peraturan Sepak Bola


B. Bola

Bola sepak berbentuk bulat, terbuat dari kulit atau jenis lain yang sesuai. Keliling bola tidak lebih dari 71 cm dan tidak kurang dari 68 cm. Berat tidak lebih dari 450 gram dan tidak kurang dari 410 gram pada saat pertandingan dimulai. Tekanan bola antara 0,6–1,1 atmosfer (600–1100g/cm2).

C. Jumlah pemain

Peraturan tentang jumlah dan pergantian pemain dalam permainan sepak bola dapat dirinci sebagai berikut.
  1. Pertandingan dimainkan 2 tim, masing-masing tim terdiri atas 11 pemain termasuk 1 orang penjaga gawang.
  2. Jumlah pemain cadangan dari masing-masing tim maksimal 7 orang.
  3. Pergantian pemain maksimal 3 orang dalam satu pertandingan resmi. Namun, dalam pertandingan persahabatan pergantian pemain dapat dilakukan sampai 5 pemain atau lebih sesuai kesepakatan.
  4. Daftar nama pemain pengganti harus diserahkan sebelum kick off babak pertama dimulai, sehingga dapat ikut dalam pertandingan.
  5. Pemain dapat bertukar posisi dengan penjaga gawang atas persetujuan wasit saat terjadi bola mati

D. Perlengkapan permainan

Perlengkapan permainan sepak bola di antaranya sebagai berikut.
  1. Perlengkapan yang harus dikenakan pemain yaitu, kaus, celana pendek, pelindung tulang kering, kaus kaki, dan sepatu sepak bola.
  2. Pemain tidak boleh menggunakan perlengkapan yang akan membahayakan pemain lain atau dirinya sendiri.
  3. Untuk penjaga gawang diperbolehkan menggunakan pakaian yang berwarna lain untuk membedakan dengan pemain dan wasit.

E. Durasi pertandingan

Durasi pertandingan sepak bola yaitu 2 × 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit. Waktu akan terhenti/dihentikan wasit apabila terjadi pergantian pemain. Misalnya, pemain cedera sehingga harus ditandu keluar lapangan dan kasus lainnya yang mengakibatkan waktu terhenti.

F. Gol

Peraturan mengenai gol dan skor pada permainan sepak bola sebagai berikut.
  1. Gol dinyatakan sah apabila seluruh bagian bola telah melewati atau melebihi garis gawang, berada di antara tiang gawang, dan di bawah mistar gawang. Hal tersebut tidak berlaku pada lemparan ke dalam, memegang, atau mendorong bola dengan tangan atau lengan yang dilakukan secara sengaja oleh seorang pemain, kecuali penjaga gawang di area gawangya sendiri.
  2. Tim yang mencetak gol terbanyak dalam pertandingan dinyatakan menang, apabila skor golnya sama maka dinyatakan imbang (draw).
  3. Yang menyatakan sah atau tidaknya suatu gol ialah wasit.

G. Offside

Posisi offside terjadi apabila posisi pemain lebih dekat pada garis gawang lawan dibandingkan dengan bola pada saat bola dioper ke arah pemain tersebut, kecuali terdapat pemain lawan yang sejajar atau mengapitnya.

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehanatan (PJOK) tentang Peraturan Sepok Bola, semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Tikak pernah lupa untuk menghimbau apabila ada diantara sobat yang menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun pembahasan dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^