Struktur Sosial - Kehidupan bermasyarakat akan aman, jika anggota masyarakat yang menjalin rangkaian dalam relasi sosial menjalankan peran, tugas, dan wewenangnya sesuai dengan norma yang berlaku. Oleh karena itu timbulah istilah struktur sosial. Apakah struktur sosial itu? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahasanya di sini. Semoga bisa bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Struktur Sosial

Kata struktur berarti susunan. Struktur sosial adalah suatu rangkaian kompleks dari relasi-realsi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Struktur sosial dapat ditinjau dari segi status, peranan, nilai-nilai, norma dan institusi sosial dalam sistem relasi sosial.

Kajian struktur sosial meliputi konsep tentang individu, masyarakat, sistem sosial, kelompok sosial dan organisasi sosial. Dengan demikian, struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antar unsur-unsur sosial, yaitu norma sosial, lembaga sosial, kelompok serta lapisan sosial.

Struktur Sosial | www.zonasiswa.com


Para ahli sosiologi memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda berkaitan dengan konsep struktur sosial, antara lain:

  1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
    Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.

  2. Firth
    Struktur sosial dianggap sama dengan organisasi sosial yang mengacu pada hubunganhubungan sosial yang lebih fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat, yanga memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.

  3. Abdul Syani
    Struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.

  4. Soerjono Soekanto
    Struktur sosial merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial pokok, yang meliputi:
    • kelompok sosial,
    • kebudayaan,
    • lembaga sosial,
    • stratifikasi sosial,
    • kekuasaan dan wewenang.

  5. D. Hendropuspito
    Struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli sosiologi di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan bangunan/jaringan sosial yang mencakup hubungan sosial antara individu secara teratur pada waktu tertentu yang merupakan keadaan statis dari suatu sistem sosial.

Semoga artikel Sosiologi tersebut di atas tentang Struktur Sosial bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih. ^^ Maju Terus Pendidikan Indoensia ^^

0 komentar:

Poskan Komentar