Lup, sobat pasti sudah tahu benar kan dengan alat optik yang satu itu. Yup, alat itu sering digunakan sebagai mainan waktu masih SD dulu. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan membahas Lup dengan lengkap, baik pengertian, pembesaran dan contoh soal yang berkaitan dengan lup. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa Itu Lup?

Lup atau yang diberi nama kaca pembesar merupakan alat optik yang berupa lensa cembung. Alat optik ini digunakan untuk memperbesar benda-benda kecil, biasanya tulisan kecil atau komponen-komponen kecil.

Lup disebut juga sebagai kaca pembesar atau suryakanta. Lup sebenarnya hanyalah sebuah lensa cembung yang ditutupi oleh bingkai dipinggirannya.

Lup (Kaca Pembesar) | www.zonasiswa.com


B. Pembesaran Lup

Pada penggunaan lup dapat ditentukan perbesaran bayangannya. Perbesarannya sering digunakan perbesaran sudut (anguler). Pembesaran lup tersebut bisa diukur dengan cara membandingkan sudut penglihatan setelah ada lup dengan sudut penglihatan tanpa lup.  Seperti halnya pada Mikroskop (baca tentang Mikroskop), pengamatan dengan lup memiliki dua keadaan akomodasi yang penting yaitu akomodasi maksimum dan akomodasi minimum.

  1. Untuk Mata Tidak Berakomodasi
    Perbesaran anguler atau daya perbesaran (M) dari lensa didefinisikan sebagai perbandingan sudut yang dibentuk oleh benda ketika menggunakan lensa, dengan sudut yang dibentuk ketika mata tanpa bantuan lensa, dengan benda pada titik dekat dari mata, yang disebut PP (PP = 25 cm untuk mata normal). Dengan demikian pembesaran pada lup dengan mata berakomodasi maksimal dapat ditentukan dengan persamaan:


  2. Untuk Mata Berakomodasi Maksimal
    Perbesaran untuk lensa tertentu dapat diperbesar sedikit dengan menggerakkan lensa dan menyesuaikan mata sehingga terfokus pada bayangan di titik dekat mata. Perbesaran anguler pada akomodasi maksimum dapat ditentukan dengan persamaan :


C. Menghitung Pembesaran Lup

Untuk memperjelas tentang penjelasan mengenai pembesaran lup di atas, baik untuk mata tak berakomodasi ataupun untuk mata berakomodasi maksimal, berikut di bawah ini disertakan juga contoh soal untuk mencari pembesaran di keduanya:



Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas tentang Lup (Kaca Pembesar), semoga bisa bermanfaat. Apa bila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

1 komentar :