Besaran Turunan - Pengukuran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Pengukuran diartikan sebagai kegiatan membandingkan suatu benda dengan benda lain. Hasil pengukuran kemudian dinyatakan dalam angka dan sesuatu yang menyertainya. Angka dan sesuatu yang menyertainya disebut satuan. Sedangkan sesuatu yang diukur disebut besaran.

Nah, jika pada penjelasan terdahulu menjelaskan tentang besaran pokok, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan mencoba melanjutkannya dengan membahas tentang Besaran Turunan. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pada artikel sebelumnya, sobat telah mengetahui bahwa Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu. Satuan besaran-besaran itu telah ditentukan sebagai acuan dari satuan besaran-besaran lain. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang satuannya ditentukan dari penurunan satuan besaran-besaran pokok penyusunnya.

Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Luas merupakan hasil kali dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Oleh karena itu, luas merupakan turunan dari besaran panjang.
Luas                = panjang x lebar
                         = besaran panjang x besaran panjang
Satuan luas     = meter x meter
                         = meter persegi (m2)

Besaran turunan yang lain misalnya volume. Volume merupakan kombinasi tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Volume juga merupakan turunan dari besaran panjang. Adapun massa jenis merupakan kombinasi besaran massa dan besaran volume. Selain itu, massa jenis merupakan turunan dari besaran pokok massa dan panjang.

Berikut di bawah ini merupakan table besaran turunan dan satuanya:

Besaran Turunan | www.zonasiswa.com
Table Besaran Turunan


Bagi sobat yang masih belum paham tentang besaran turunan, berikut di bawah ini adalah beberapa contoh besaran turunan, antara laih:

a. Kelajuan
Kelajuan merupakan besaran turunan. Besaran kelajuan (v) diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, yaitu jarak (s) dibagi waktu (t) yang dirumuskan:


b. Massa Jenis
Massa jenis (p) diturunkan dari besaran massa (m) dibagi volume (V). Volume sendiri diturunkan dari besaran panjang. Dengan demikian, massa jenis (p) dapat dirumuskan:


c. Gaya
Gaya (F) diturunkan dari besaran massa (m) dikalikan percepatan (a). Percepatan diturunkan dari besaran kecepatan (v) dan waktu (t), sedangkan besaran kecepatan diturunkan dari besaran panjang (l) dan waktu (t). Untuk mencari gaya, kita dapat menggunakan persamaan:


d. Muatan Listrik
Muatan listrik (Q) diturunkan dari besaran kuat arus listrik (I) dikalikan waktu (t).


e. Molaritas Zat
Molaritas zat (M) diturunkan dari besaran banyak mol zat (N) dibagi volume (V), besaran volume diturunkan dari besaran panjang:


Semoga artikel tersebut di atas tentang Besaran Turunan bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apa bila ada dari penjelasan di atas suatu kesalahan, baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya sobat memberikan kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

0 komentar:

Poskan Komentar