Ruang Lingkup Ilmu Geografi apa saja ya? Kalau ada pertanyaan seperti itu, jawabnya lumayan susah karena ruang lingkup ilmu geografi sangat luas sekali. Banyangkan saja, segala sesuatu yang ada di bumi adalah ruang lingkup ilmu geografi. Belum lagi interaksi-interaksi antar kajian dalam ruang lingkup tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menampilkan sebuah penjelasan mengenai ruang lingkup ilmu geografi secara lengkap untuk sobat tentunya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Ruang lingkup geografi sangat luas, meliputi kehidupan di muka bumi, di ruang angkasa, berbagai gejala alam, serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. Pengetahuan mengenai gejala alam dan kehidupan di muka bumi disebut dengan gejala geosfer, dalam hal ini geografi akan mempelajari penyebab terjadinya dan menjelaskan mengapa dan bagaimana terjadinya gejala geosfer

Secara garis besar ilmu geografi terbagi menjadi dua bagian besar yaitu geografi fisik dan geografi sosial. Gabungan antara geografi fisik dan geografi sosial terjadi geografi regional. Geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari tentang semua peristiwa di muka bumi, baik di darat, laut, udara, maupun luar angkasa beserta faktor penyebab terjadinya. Geografi sosial adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari tentang interaksi antar manusia, sedangkan geografi regional adalah ilmu yang mempelajari tentang perwilayahan dari negara-negara yang ada. Untuk lebih jelasnya lihat aspek-aspek geografi.

Ruang lingkup geografi juga mencakup interaksi antara manusia dan lingkungannya. Manusia hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dibumi. Pemanfaatan tersebut berupa permanfaat lahan pertania, tambang, laut dan sebagainya. Dari pemanfaatan sumber daya terseubt, itu berarti bahwa ada interaksi antar manusia dan lingkungannya yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan. Interkasi manusia dan sumber daya alam tersebut menjadi kajian ruang lingkup ilmu geografi agar keberlangsungannya tetap terjaga. Sangatlah bijak jika kita selalu menjaga dan memelihara alam dengan sebaik-baiknya.


Ruang Lingkup Ilmu Geografi | www.zonasiswa.com



Dalam buku ”The Scope of Geography”, Rhoads Murphy juga menulis tentang ruang lingkup kajian geografi. Ruang lingkup kajian geografi terdiri atas tiga hal, yaitu:
  • Persebaran dan keterkaitan (relasi) manusia di Bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi tempat hidup manusia.
  • Hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik alam yang merupakan bagian dari kajian keanekaragaman wilayah.
  • Kerangka regional dan analisis wilayah yang berciri khusus.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ruang lingkup geografi berkaitan dengan aspek lingkungan fisik alam dan aspek lingkungan manusia. Fenomena yang terjadi dan berkaitan dengan ruang lingkup geografi dapat dijelaskan dengan pendekatan geografi dimana analisisnya menggunakan pertanyaan 5W 1H.

Semoga artikel Geografi tersebut di atas tentang Ruang Lingkup Ilmu Geografi bisa menjadi bahan tambahan bagi sobat yang sedang belajar geografi. Apa bila ada dari penjelasan di atas kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. Terima kasih sobat ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

3 komentar:

  1. Thx ya...! Ane bisa ngerjain tugas nih

    BalasHapus
  2. makasih infonya, sangat bermanfaat bagi saya,
    izin ambil ya, buat ngajar penelitian besok, hehe

    BalasHapus