Apa itu Sosiologi? | Bagi kalian yang baru masuk SMA, ada beberapa mata pelajaran baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Salah satu mata pelajaran baru tersebut adalah sosiologi. Apa sih sosiologi itu? Mungkin itulah hal pertama yang teman-teman akan tanyakan. Nah, bagi teman-teman yang baru mempelajari sosiologi dan ingin mengenal apa sosiologi itu, Zona Siswa pada kesempatan kali ini mencoba menyajikan definisi sosiologi secara lengkap baik dari segi bahasa maupun pendapat para ahli. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Sosiologi, Apa itu Sosiologi, Definisi Sosiologi, Pengertian Sosiologi Menurut Bahasa, Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli.
Pengertian Sosiologi Dari Segi Bahasa & Pendapat Para Ahli | www.zonasiswa.com

A. Pengertian Sosiologi Menurut Bahasa

Kata sosiologi pertama kali mucul di buku ‘Cours de la Philosovie Positive’ karangan seorang filsuf asal Perancis bernama Aguste Comte. Aguste Comte mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu ‘socius’ dan ‘logos’. Socius berarti teman/kawan, sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan.

Aguste Comte, atau yang kemudian dikenal dengan ‘Bapak Sosiologi’, menyatakan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Sebagaimana diketahui, pengetahuan/knowledge dikatakan sebagai ilmu/science harus mengembangkan suatu kerangka pengetahuan yang tersusun dan teruji yang didasarkan pada penelitian yang ilmiah. Sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu sejauh sosiologi mendasarkan penelaahannya pada bukti-bukti ilmiah dan metode-metode ilmiah.

BACA JUGA: Pengertian Interaksi Sosial

B. Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini merupakan pengertian sosiologi menurut para ahli sosiologi, yaitu sebagai berikut:

1. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Selo Sumardjan dan Seolaeman Soemardi mengemukakan pengertian sosiologi di dalam bukunya Setangkai Bunga Sosiologi yang menyatakan bahwa sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, kelompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yaitu pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. 

2. P.J. Bouman
Sedangkan pengertian sosiologi menurut P.J. Bouman lebih mengarah pada ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial. Pengertian sosiologi tersebut dikemukakan di dalam bukunya yang berjudul ‘Sociologie Begrien en Problemen’.

3. Pitirim Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

4. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
    
5. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf  mengemukakan bahwa pengertian sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

6. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
    
7. Max Weber
Max Weber mengemukakan pengertian sosiologi secara singkat dengan mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
    
8. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
    
9. Soejono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
    
10. William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.
    
11. Allan Jhonson
Allan Jhonson mengemukakan pengertian sosiologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari kehidupan serta perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut.

Dari definisi sosiologi di atas, baik dari segi bahasa maupun pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari jaringan hubungan antara manusia dalam bermasyarakat dimana sosiologi mempelajari masyarakat sebagai kompleks kekuatan, hubugan, jaraingan iteraksi, serta sebagai kompleks lembaga/penata.

Demikianlah Pengertian Sosoilogi baik dari segi bahasa maupun pendapat para ahli, semoga bisa membantu sobat dalam memahami dan mengenal apa sosiologi itu. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun. Terimakasih sudah berkenan berkunjung.

BACA JUGA: Tokoh Tokoh Sosiologi

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih..

15 komentar: