Biologi, uhhh pokoknya seneng banget dah kalau tiba waktunya belajar biologi. Belajar mengenai alam dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, entah mengapa membuat saya tidak pernah  merasa bosan untuk mencari tahu lebih banyak. Bagaimana dengan sobat?

Biologi mengkaji semua makhluk hidup, tidak hanya tumbuhan dan hewan yang hidup dimuka bumi ini, akan tetapi tumbuhan dan hewan yang hidup di masa lampau bahkan di tempat-tempat lain jika mungkin ada kehidupan. Yup cakupan bilogi sungguh sangat luas. Oleh karena itu biologi terbagi ke dalam beberapa sub pembahasan.

Nah bagi sobat yang baru belajar biologi dan ingin tahun mengenai apa sih biologi itu, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan Pengertian Biologi Lengkap beserta pengertian cabang-cabang biologi. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Biologi

Kata Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu 'bios' yang berarti hidup atau kehidupan dan 'logos' yang berati ilmu pengetahuan. Dari asal usul kata tersebut biologi bisa kita artikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupanan.

Penggunaan istilah biologi pertama kali tercatat pada tahun 1736 yaitu digunakan oleh Linnaeus dalam karyanya yang berjudul Bibliotheca Botanica. Namun pengkajian ilmu yang berkaitan tentang alam sudah terlebih dahulu ada sejak masa lampau. Ilmy yang mempelajari alam sudah ditemui di peradaban-peradaban besar seperti Mesir, China, dan India. Tetapi pendekatan ilmu yang mengkaji alam dan biologi modern berasal dari masa Yunani Kuno yang di pelopori oleh Aristoteles dan Hippocratus. 

Pengertian Biologi, LENGKAP!!! | www.zonasiswa.com


Pengertian Cabang-cabang Biologi

Ruang lingkup biologi yang makin meluas, menuntut para ahli biologi untuk membuat pengkhususan kajian sesuai pada objeknya yang lebih mendalam sehingga memberikan manfaat yang semakin besar bagi kehidupan pada umumnya. Pengkhususan kajian yang mendalam ini menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi yang semakin hari semakin banyak. Ibarat pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar memiliki cabang-cabang ilmu dan tiap cabang menghasilkan anak cabang ilmu baru yang berkembang semakin pesat. Beberapa cabang biologi diantaranya sebagai berikut:
  1. Botani: mempelajari semua kehidupan tumbuh-tumbuhan.
  2. Zoology: mempelajari semua kehidupan hewan
  3. Morfologi: mempelajari bentuk dan struktur suatu mahluk hidup.
  4. Fisiologi: amempelajari sifat faal dan cara kerja dari tubuh suatu organisme.
  5. Embriologi: mempelajari perkembangan suatu organisme dari mulai zigot sampai menjadi dewasa.
  6. Ekologi: mempelajari interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.
  7. Mikrobiologi: mempelajari segala aspek kehidupan mikroorganisme yang berukuran mikroskopis.
  8. Taksonomi: mempelajari klasifikasi atau pengelompokkan makhluk hidup.
  9. Genetika: mempelajari tentang cara menurunnya sifat pada makhluk hidup.
  10. Evolusi: mempelajari suksesi dan perubahan-perubahan dari jenis makhluk hidup sepanjang waktu.
  11. Sitologi: mempelajari susunan dan fungsi sel.
  12. Patologi: mempelajari tenatang seluk beluk penyakit.
Semoga artikel tersebut di atas tentang Pengertian Biologi Lengkap bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apa bila ada dari sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^

3 komentar: