Bill Gates. Orang mana yang tidak tahu nama Bill Gates. Orang yang dinobatkan dalam jejeran orang terkaya majalah Forbes tersebut adalah pendiri Microsoft. Ya, softwere yang selalu digunakan dihampir semua perangkat komputer di dunia. Nah, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan menampilkan Biografi Singkat Bill Gates. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Biografi Bill Gates

William Henry "Bill" Gates III atau yang dikenal sebagai Bill Gates lahir di Seatle, Washington, Amerika pada tanggal 28 Oktober 1955. Bill Gates merupakan bisnisman, penemu, pengarang, porgramer komputer, investor dan philiantropist yang berasa dari Amerika. Bill Gates merupakan pendiri sekaligus mantan ketua dari perusahan softwere terbesar, Microsof, dengan rekanya Paul Allen.

Bill Gates secara konsisten dinobatkan dalam jejeran orang terkaya di majalah bisnis Forbes. Dia masuk jejeran orang terkaya dari tahun 1995 sampai sekarang dan dinobatkan sebagai orang terkaya pada tahun 2007 dan 2013. Samapi bulan April 2014, dia masih menempati posisi pertama orang terkaya. Selama masih bekerja di Microsof, Bill Gates menjabat sebagai CEO dan kepala perancang softwere, dia juga memegang saham terbesar dari perusahan softwere tersebut.

Masa Muda & Pendidikan Bill Gates

Gates lahir dari pasangan William H. Gates dan Mary Maxwell Gates. Gates berasal dari kalangan menengah ke atas, ayahnya seorang pengacara terkemuka sedangkan ibuya adalah direktur First Interstate BancSystem. Sejak dari kecil orang tua Gates menerapakan kompetisi dalam mendidiknya, Gates akan mendapatkan hadiah jika ia memenangkan sesuatu, tetapi akan mendapatkan hukuman jika dia kalah. Pada umur 13, Gates masuk ke Lakeside School, sebuah sekolah lanjutan eksklusif di Seatle, Washington. Gates untuk pertama kalinya tetarik dan jatuh cinta pada dunia pemorgraman komputer disana. Bahkan dia telah memnulis program komputer pada saat itu. Gates bersama temannya Paul Allen, Ric Weiland dan Kent Evans pernah dibanned oleh Computer Center Corporation (CCC) karena menyebarkan bugs untuk mendapatkan waktu gratis menggunakan komputer.

Melihat kemampuan Gates dan teman-temanya, CCC menawarkan mereka untuk bekerja sebagai tester sistem keamanan perusahan. Gates dan teman-temannya bekerja selama 2 tahun dari 1968-1970. Dari situlah Gates belajar banyak mengenai source code dan berbagai program yang menjalankan sebuah sistem. Selepas itu, Gates bersama temannya Paul Allen, membuat sebuah usaha untuk menghitung dan mengukur aliran lalulintas dengan naman Traf-O-Data. Di awal tahun 1973, Gates juga berkerja di perusahan kontraktor pertahanan untuk membuat sistem pembayaran.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan mendpatkan nilai 1590 dari total nilai 1600. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Harvard College. Gates tidak sugguh-sungguh belajar di harvard, ia banyak menghabiskan waktunya menggunakan komputer sekolah. Kemudian dia memberanikan diri untuk keluar dari Harvard untuk membangun sebuah perusahan softwere yang kelak dikenal sebagai Microsoft bersama temannya Paul Allan.

Biografi Tokoh Dunia : Bill Gates | www.zonasiswa.com
Bill Gates

Microsoft

Gates bersama Allen pertamakalinya membuat softwere sistem operasi untuk  MITS (Micro Instrumentation and Telemetry System), pencipta microcomputer terbaru. Dan kerjasamanya bersama MITS tersebut ia namakan Microsoft. Sistem operasi yang Gates buat sukses dan menjadi sangat populer. Hingga Gates menyadari bawha karnya di sebarkan secara bebas tanpa adanya royalti sama sekali, akhirnya pada tahun 1976 Microsof resmi berdiri sendir dan melanjutkan membuat softwere bahasa pemograman untuk berbagai sistem. Gates bersama Microsoft kemudian memulai untuk membuat program sistem operasi yang dimulai dari DOS 1.0 yang kemudian berevolusi menjadi Windows yang sekarang kita kenal.

Gates mengundurkan diri sebagai chief executive officer dari Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia tetap sebagai ketua dan menciptakan posisi kepala arsitek software untuk dirinya sendiri. Pada bulan Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia hanya akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan bekerja penuh waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Dia secara bertahap memindahkan tugasnya ke Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, kepala penelitian dan strategi petugas. Terakhir kali Gates bekerja penuh di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Ia mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft di Februari 2014, mengambil sebuah peran baru sebagai penasihat teknologi untuk mendukung CEO baru Microsoft, Satya Nadella.

Keluarga & Pribadi

Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 January 1994. Dari pernikahannya tersebut, Gates di karuniahi 3 orang anak yaitu, Jennifer Katharine (1996), Rory John (1999) dan Phoebe Adele (2002).

Gates tekenal dengan kedermawananya, bersama istrinya dia mendirikan yayasan amal yang dinamakan Bill and Mellinda Gates Foundation di tahun 2000. Yayasan amal yang pada tahun 2013 dinobatkan sebagai yayasan dengan aset kekayaan yang bisa diamalkan hingga 34.6 Triliun dolar. Bill Gates juga menyatakan bawah separuh kekayaannya akan ia sumbangkan untuk amal.

Semoga Biografi Singkat Bill Gates tersebut bisa bermanfaat bagi sobat semua. Apa bila terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih. ^^

0 komentar:

Poskan Komentar