Dongeng Snow White atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan dongen puteri salju sebenarnya merupakan dongeng yang berasal dai German sana. Dongen yang pertama kali dibukukan pada tahun 1812 oleh Brother Grimm tersebut berkembang dan menjadi salah satu dongeng yang dikenal luas sekarang ini.

Dongeng yang identik dengan cermin ajaib, tempat tidur kristal, apel beracun dan tujuh kurcaci tersebut sangat populer sebagai dongeng anak. Sebut saja Walt Disney, sebuah rumah produksi yang sering membuat filem-filem kartun mengangkat kisah Snow White di filemnya yang berjudul Snow White and The Seven Dwarfs.

Bagi sobat yang sendang mencari-cari tentang kisah dongeng Snow White, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan kisah dongen termasyur tersebut. Semoga dari kisah dongeng tersebut, sobat bisa mengambil pesan positif yang terdapat di dalamnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Kisah Dongeng Snow White (Puteri Salju) | www.zonasiswa.com
Snow White




Dongeng Snow White (Puteri Salju)


Suatu ketika di sebuah istana yang sangat besar, hidup lah seorang putri cantik. Dia sangat cantik, dengan mata biru dan rambut hitam panjang. Kulitnya halus dan putih, sehingga ia dipanggil Snow White. Snow White memiliki ibu tiri yang selalu iri pada kecantikan Snow White. Ibu tiri nya juga sangat cantik, dan cermin ajaib mengatakan hal ini setiap hari, setiap kali ia bertanya itu.

Suatu hari, ibu tirinya bertanya kepada cermin ajaib wanita mana yang paling cantik di negeri itu dan cermin ajaib menjawab Snow White lah yang tercantik di negeri itu. Ibu tiri itu sangat marah. Lalu ia meminta pelayan kepercayaannya untuk membawa Snow White ke hutan, jauh dari istana dan membunuhnya. Tapi pelayan tersebut tidak membunuh Snow White, Dia membiarkan gadis kecil tak berdosa itu pergi.

Di hutan, Snow White sendirian dan takut. Dia tidak tahu ke mana dia harus pergi. Tapi tiba-tiba ia melihat sebuah pondok kecil yang aneh. Dia bertanya-tanya siapa yang tinggal di sana, maka ia memtuskan untuk masuk ke pondok tersebut.

Di dalam pondok, ada 7 tempat tidur dan dapur. Snow White sangat lelah untuk melihat-lihat isi pondok, dan tiba-tiba jatuh tidur. Pada sore hari, tujuh kurcaci yang tinggal di pondok tersebut, pulang. Mereka terkejut untuk melihat ada seorang wanita muda di sana. Salah satu kurcaci membangunkannya dan bertanya siapa dia. Snow White mengatakan kepada mereka kisah sedih nya. Tujuh kurcaci tersebut pun memahami perasaan Snow White dan memintanya untuk tinggal bersama mereka di pondok.

Sementara di istana, pelayan tersebut kembali dan mengatakan kepada ibu tiri Snow White bahwa Snow White telah tewas. Kemudian ibu tiri bertanya kepada cermin ajaib sekali lagi siapa yang paling cantik di negara itu dan masih cermin ajaib menjawab Snow White lah yang tinggal di pondok kecil dengan tujuh kurcaci adalah yang tercantik. Jadi ibu tiri marah dan ia merencanakan sesuatu yang buruk untuk Snow White.

Kemudian ibu tiri menyamarkan dirinya sebagai seorang perempuan tua yang menjual sekeranjang apel beracun dan pergi ke pondok. Di pondok, tujuh drawfts memperingatkan Snow White untuk tidak membuka pintu untuk orang asing.

Ibu tiri akhirnya tiba ke pondok dan mulai menawarkan Putri Salju apel. Snow White menolak untuk membuka pintu tapi ibu tiri terus membujuk dan akhirnya Snow White membuka pintu dan membeli apel kemudian dia memakannya. Sehingga Snow White terjatuh dengan apel beracun di sampingnya.

Pada sore hari, ketika tujuh kurcaci pulang, mereka terkejut dengan Snow White yang terbaring di lantai dengan wajah pucat dan apel beracun di sampingnya. Ketujuh kurcaci sedih melihat Snow White sedang sekarat tetapi belum mati. Kemudian tujuh kurcaci memutuskan untuk membuat tempat tidur indah yang terbuat dari kristal untuk membuat Putri Salju tetap hidup.

Hari demi hari, tujuh kurcaci menunggu keajaiban datang ketika Snow White tiba-tiba terbangun. Lalu suatu hari, ada seorang pengelana yang sebenarnya merupakan seorang pangeran dari kerajaan yang jauh melihat seorang wanita cantik dibaringkan di tempat tidur kristal. Pengelana tersebut pun bertanya kepada kurcaci apa yang terjadi dan kurcaci menceritakan ceritanya.

Mendengar cerita Snow White, pangeran pun memutuskan untuk membawanya ke Istana dan meminta dokter untuk menyembuhkannya. Kemudian pangeran menciumnya untuk menunjukkan niatnya. Tapi tiba-tiba Snow White kembali hidup. Faktanya adalah bahwa ciuman sang pangeran menghancurkan mantra jahat. Kemudian sang pangeran meminta Snow White untuk menikah dengannya.

Dari hari itu, Snow White hidup bahagia di sebuah istana yang besar. Tapi dari waktu ke waktu, ia sering kembali untuk mengunjungi pondok kecil di hutan milik 7 kurcaci yang disayanginya.

Semoga Kisah Dongeng Snow White Tersebut di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apa bila terdapat kesalahan baik dari segi penulisan maupun cerita, kami membuka kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^

1 komentar :

  1. saran saya adalah saat pangeran berniat mengobati snow white di kerajaanya pangeran membawa snowhite dalam peti lalu mengikat petinya ke kuda lalu, petinya dibawa dengan cara diseret dan saat dalam perjalanan,peti itu tersandung batu dan potongan apel beracun dalam tenggorokan snow white keluar lalu dia kembali hidup dan tidak sekarat akhirnya snow white menikahi pahlawannya yaitu, pangeran dan mereka hidup bahagia selamanya (ini kisah asli yang diceritakan rakyat Eropa).

    BalasHapus