Menulis surat merupakan hal mudah. Tapi sudah sesuai kah dengan ketentuan atau syarat penulisan surat yang baik dan benar??? Mungkin harus ditinjau lagi ya sobat surat yang kita pernah tulis karena dalam menulis surat ada ketentuan dan syarat tersendiri. Ya, kebanyakan kita menulis surat asal menulis saja padahal ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat, terutama jika menulis surat yang tergolong surat resmi.

Kenapa jadi ribet begini ya??? Pasti sobat akan berpikir seperti itu ketika mendengar ada syarat dan ketentuan dalam menulis surat yang baik dan benar. Syarat dan ketentuan dalam penulisan surat itu sebenarnya ada karena untuk kualitas isi surat itu sendiri dan tentunya membantu menjelaskan informasi yang coba disampaikan melalui surat tersebut. Ketidak pedulian terhadap syarat dan ketentuan dalam penulisan surat tentunya akan memicu ketidak jelasan isi surat dan pada akhirnya berpengaruh pesan atau informasi yang coba disampaikan.

Terus, apa sajakah syarat dan ketentuan penulisan surat yang baik dan benar??? Nah, untuk menjawab pertanyaan sobat tersebut, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Syarat dan Ketentuan Menulis Surat yang baik dan benar. Tapi sebelum itu mari kita simak tujuan penulisan surat itu sendiri.

Tujuan Menulis Surat
Ada tiga tujuan menulis surat pada umumnya, diantaranya:
  1. Menyampaikan informasi kepada pembaca surat.
  2. Mendapatkan tanggapan dari pembaca surat tentang isi surat.
  3. Ingin mendapatkan tanggapan dan menyampaikan informasi kepada pembaca surat.
Ke tiga tujuan menulis surat itu intinya adalah untuk menyampaikan atau mendapatkan pesan dari suatu surat. Nah mengingat pentingnya pesan atau informasi yang ingin disampaikan, untuk itu kita perlu tahu tentang cara menulis surat yang baik dan benar berdasarkan syarat dan ketentuan yang ada.

Penjelasan Lengkap Mengenai Surat Menyurat. ZONASISWA.COM


Syarat dan Ketentuan Penulisan Surat.
Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam menulis surat yang baik dan benar. Syarat dan ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan lebih dahulu maksud surat yaitu pokok pembicaraan yang ingin disampaikan kepada penerima surat, apakah itu berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan laporan atau hal lain. Tentunya disesuaikan dengan Jenis Surat yang kita ingin tulis.
  2. Menetapkan urutan masalah yang akan dituliskan.
  3. Merumuskan pokok pembicaraan satu persatu, runtun, logis dan teratur.
  4. Menggunakan kalimat efektif.
    • Sederhana : bersahaja, lugas, mudah, tidak berbelit-belit kata maupun kalimat. Menggunakan kata-kata yanb biasa dan lazim.
    • Ringkas : tegas dan mudah dipahami.
    • Jelas : tidak samar-samar, tidak meragukan, tidak taksa, tidak menimbulkan salah paham.
    • Sopan : menggunakan kata-kata yang sopan atau halus dan kata-kata resmi (bukan kata sehari-hari)
    • Menarik : membangkitkan perhatian, tidak membosankan. Bisa dengan variasi kalimat, gaya bahasa.
  5. Menghindarkan sejauh mungkin penggunaan singkatan kata atau akronim, apa lagi singkaan yang tidak biasa atau singkatan buatan sendiri.
  6. Memperhatikan dan menguasai Format atau Bentuk Surat.
  7. Memperhatikan dan menguasai penulisan Bagian-Bagian Surat.
  8. Penulisan atau pengetikan yang betul, jelas, bersih dan rapi.
  9. Memperhatikan ukuran, jenis dan warna kertas.
    • Ukuran : Kwarto (21x29 cm)
    • Jenis : HVS untuk lembar asli, kertas tembus atau doorslag untuk tembusan.
    • Warna : Putih (hvs) untuk lembar asli; kuning (doorslag) untuk perbal; biru muda (doorslag) untuk tembusan intern; merah muda (hvs) untuk surat rahasia.
  10. Isi surat ringkas, jelas, akurat dan eskplisit.
  11. Menggunakan bahasa baku.

Berikut di atas merupakan Syarat dan Ketentuan Menulis Surat yang baik dan benar, semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih^^

0 komentar:

Poskan Komentar