Format atau Bentuk Surat merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam menulis surat. Karena syarat untuk memenuhi ketentuan surat yang baik salah satu diantaranya adalah menggunakan format atau bentuk surat yang ada. Nah, melanjutkan artikel kemarin yang berkaitan dengan Surat, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan membahas Format atau Bentuk Surat. Semoga bermanfaat, Check this out!!!

Ada 5 Format atau Bentuk Surat yang biasanya kita pelajari di sekolah, ke lima format atau bentuk surat tersebutlah yang sering digunakan. Ingat, format dan bentuk surat di bawah ini digunakan untuk surat resmi saja. Untuk lebih memahami ke lima format atau bentuk surat di bawah ini, sobat harus tahu terlebih dahulu mengenai Bagian-bagian Surat yang sudah dijelaskan kemarin. Tanpa mengetahui bagian-bagian surat, memahami format atau bentuk surat di bawah ini akan terasa sulit.

Ke lima format atau bentuk surat tersebut adalah:

1. Full Block Style
Format surat full block style dianggap sebagai format surat paling formal dari format atau bentuk surat yang lain. Dalam surat yang berbentuk full block style setiap baris dalam surat tersebut menggunakan rata kiri. Walaupun tidak ada peraturan yang resmi tentang penggunaan format full block style tetapi format full block style biasanya digunakan dalam surat permintaan, pengumuman, persetujuaan, lamaran pekerjaan.

Perhatikan format full block style berikut:

Kumpulan Pembahasan Lengkap Mengenai Surat ZONASISWA.COM
 
 
2. Block Style
Format block style atau juga bisa disebut format surat simpel merupakan format surat yang susunannya hampir sama dengan full block style yaitu menggunakan rata kiri. Hanya penulisan tanggal, nama terang pengirim surat ditulis di sebelah kanan surat.

Perhatikan format block style berikut:

Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM

 
3. Semi Block Style
Format surat semi block style seperti pada format surat yang lain digunakan untuk surat resmi yang kedudukannya kurang formal jika dibandingkan dengan full block style. Berbeda dengan full block styel dan block style, setiap paragraf isi pada surat berformat semi blok style menjorok ke dalam.

Perhatikan format semi block style berikut:

Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM



4. Intended Style
Format atau bentuk surat intended style ini hampir sama dengan block style, satu yang membedakan adalah penulisan alamat dalam yang menyerupai tangga.

Perhatikan format intended style berikut:

Kumpulan Pembahasa Mengenai Surat ZONASISWA.COM


5. Hanging Style
Sedangkan format atau bentuk surat hanging style membedakan diri dengan block style dengan menuliskan alenia pertama pada setiap paragraf di isi surat tidak menjorok ke dalam sedangkan alenia selanjutnya pada menjorok ke dalam.

Perhatikan format hanging style berikut:

Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM

Pahami ke lima format atau bentuk surat di atas, pelajari perbedaan di setiap format-format tersebut. Buatlah contoh surat menggunakan ke lima format atau bentuk surat tersebut akan membantu sobat untuk memahami lebih dalam mengenai format atau bentuk-bentuk surat.

Semoga artikel tentang Format atau Bentuk Surat tersebut di atas bisa berguna bagi sobat sekalian. Dan jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Mari Belajar Bersama!!! Terima kasih ^^

3 komentar:

  1. Mohon ijin menggunakan seluruh bahan di artikel ini untuk pelatihan administrasi desa mengenai surat menyurat untuk pemerintah desa di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Salam,

    BalasHapus
  2. Makasih telah posting ini :D sangat membantu ^^

    BalasHapus