Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:

  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.



Kumpulan Naskah Pidato Singkat ZONASISWA.COM

Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru. Semoga naskah pidato berbagai judul di bawah ini bisa menjadi inspirasi sobat dalam menulis pidato bertemakan sama. Check this out!!!

1. Naskah Pidato - Lingkungan
2. Naskah Pidato - Pendidikan
3. Naskah Pidato - Hari Guru
4. Naskah Pidato - Pahlawan Kemerdekaan
5. Naskah Pidato - Hari Ibu
6. Naskah Pidato - HIV / AIDS
7. Naskah Pidato - Korupsi (New!)

8. Naskah Pidato - Kesehatan (New!)
9. Naskah Pidato - Perpisahan Sekolah (New!)

Sobat bisa buka link-link tersebut di atas dan akan diarahkan ke masing-masing naskah pidato. Ingat sobat, pidato yang baik itu berasal dari hati dengan tujuan untuk memberikan informasi yang berguna bagi pendengarnya. Saya yakin betul sobat lebih dari mampu untuk membuat sebuah naskah pidato. Jadikan Naskah pidato di atas sebagai acuan penulisan pidato sobat.

Semoga ke-9 Contoh Naskah Pidato di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Sekali lagi, jadikan contoh naskah pidato tersebut sebagai contoh untuk membuat pidato sobat sendiri yang saya yakin lebih baik dari contoh-contoh naskah pidato di atas. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^


Lihat juga Pidato Bahasa Inggris.

5 komentar:

  1. Ass...

    Makasih banyak..
    Ini sangat brmanfaat buat saya,

    Btw.. Boleh copast ngk ? :)
    Soalx q mau bljar buat blog sndri...

    #salamanaksastra

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Atas Infonya.. ^_^
    Kalau bisa di tambah lagi ^_^

    BalasHapus
  3. thank info nya klo blh nambah masukan kasih metode-metode atau cara untuk menyampaikan pidato gan...
    teks tanggapan kritis

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  5. thanks pidatonya sanagt baik.......kalo bisa di tambah lagi ya,,,<

    BalasHapus