Pidato Tentang Lingkungan merupakan salah satu topik pidato yang sering dipilih oleh para siswa dalam mengerjakan tugas membuat pidato. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Zona Siswa mencoba menghadirkan sebuah contoh naskah pidato tentang lingkungan.

Kita semua setuju lingkungan merupakan segalanya bagi kita. Baik-buruknya suatu lingkungan berkaitan erat dengan biak-buruknya kualitas hidup kita. Ketika lingkungan kita bersih, asri, dan hijau, kualitas hidup kita juga baik tentunya dilihat dari segi kesehatan. Tetapi jika lingkungan kita kotor, jorok dan berpolusi, tentunya kualitas hidup kita pun terpengaruh olehnya. 

Nah di bawah ini, saya berikan Contoh Naskah Pidato tentang Lingkungan dari Kumpulan Naskah Pidato Singkat berdasarkan apa yang saya lihat, temukan dan alami dengan lingkungan. Jadikan contoh naskah pidato tersebut sebagai bahan acuan untuk sobat sekain dalam membuat naskah pidato sobat sendiri. Karena saya sangat yakin, sobat lebih dari mampu membuat pidato yang jauh lebih baik dari pidato yang saya hadirkan di bawah ini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Kumpulan Naskah Pidato | ZONASISWA.COM

Assalamualaikum Wr, Wb…

Yang terhormat Ibu Bapak kepala sekolah beserta para guru dan staf tata usaha. Yang terhormat teman-teman siswa SMA Negeri 01 Tanjung dari kelas X sampai kelas XII.

Sebelum saya memulai untuk memberikan sebuah pidato, saya ingin mengajak kalian semua untuk bersyukur kehadirat Allah yang maha kuasa, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya, sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang diberkati ini. Dan juga tidak lupa marilah kita panjatkan sholawat dan salam untuk nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari jaman kegelapan ke zaman yang terang benerang seperti yang kita nikmati sekarang.

Hadirin yang terhormat

Pada hari ini, di kesempatan emas ini, saya ingin menyampaikan sebuah pidato tentang “lingkungan kita”. Pidato yang saya akan sampaikan merupakan keluh kesah hati saya terhadap lingkungan yang semakin hari semakin tercemar. Semoga di moment hari lingkungan hidup yang jatuh pada hari ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menjaga lingkungan yang selama ini menjaga kita.

Sahabat-sahabatku yang saya cintai

Sandar atau tidak, kita hidup di dunia ini bergantung pada lingkungan, kita minum air yang bersumber dari lingkungan kita, kita menghirup udara yang bersumber dari lingkungan kita, kita makan makanan yang bersumber dari sumber makanan yang hidup dan ditanam dari lingkungan kita. Lingkungan kita mempunyai pengaruh yang besar untuk kehidupan kita. Lingkungan adalah hidup kita. Oleh karena itu baik atau buruk lingkungan secara langsung akan berpengaruh terhadap baik-buruknya kehidupan kita.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika hidup terasa hijau karena masih begitu banyak pohon yang terdapat di lingkungan kita. Tetapi lihat lah sekarang ini, pohon-pohon itu telah berkurang dan nyaris tiada. Kehijauan hidup kita terganti dengan bangunan-bangunan abu-abu kaku yang kian hari kian bertambah menggerus raung terbuka hijau di lingkungan kita.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika kita bisa bernapas lebih dalam tanpa ada bau polusi yang menyerbak menyakiti paru-paru kita. Tetapi bernapaslah sekarang, udara nan sejuk-bersih itu telah terkontaminasi oleh asap dan polusi. Kesejukan udara yang dulu akrab dengan hidung kita, kini terganti dengan bau busuk polusi sumber dari moderenisasi yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika setiap langkah yang kita tempuh, terlihat tanah yang bersih tanpa adanya sampah yang merusak pandangan mata. Tetapi melangkah lah sekarang, tanah yang dulu bersih nan subur sekarang tertimbun sampah busuk yang sudah seperti teman di setiap perjalanan. Kesuburan yang dulu diandalkan pun kini tinggal legenda usang yang terabaykan.

Hadirin yang terhormat

Saya yakin pengalaman-pengalaman itu pernah dialami oleh semua orang di sini. Sadarlah, keruasakan itu kita semua lah penyebabnya. Jika kita terus mengabaikan itu, bencana yang kita tidak pernah bayangkan akan pasti datang mengingatkan. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki lingkungan kita? Saya berdiri di sini bukan hanya untuk mereport kondisi miris-kritis lingkungan kita saja, saya pribadi juga ingin mengajak untuk melakukan beberapa tidakan yang sebenarnya kecil dan mudah kita lakukan. Dimulai dengan memilah sampah dan membuangnya pada tempat seharusnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menghemat listrik serta menanam pohon sebagai investasi hidup anak cucu kita selanjutnya. Hal-hal tersebut ayo kita bina dari sekarang. Hal-hal kecil tersebut merupakan investasi besar untuk generasi mendatang.

Cintailah lingkungan kita sebagaimana kita mencintai hidup dan masa depan kita. Sebenarnya itu yang saya ingin ungkapkan. Pidato yang saya sampaikan bukanlah apa-apa dibandingkan tindakan kita selanjutnya. Terima kasih banyak atas perhatiannya, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum Wr, Wb…


Semoga contoh naskah Pidato tentang Lingkungan di atas bisa menjadi contoh bagi sobat sekalian untuk membuat pidato yang lebih baik lagi; dan semoga bermanfaat. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih… ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^