Pidato Kemerdekaan ~ Hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November merupakan momen dimana kita anak penerus bangsa mengingat dan meneruskan kemerdekaan yang mereka cita-citakan. Bener kagak tuh sobat? Heheh Ya memang hari itu super patut dikenang banget. Bukan anak gokil n' gaul namanya yang tidak mau mengenang jasa pahlawan dulu.

Ditentukannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan bukanya tidak ada sejarahnya, sobat. Hari itu tanggal 10 November terjadi perang besar antara tentara kita beserta sukarelawan yang dipimpin oleh Bung Tomo melawan 30.000 tentara sekutu bersenjata lengkap beserta tank, pesawat dan kapal laut di Surabaya. Coba bayangkan sobat, tentara kita yang hanya bersenjatakan seadanya melawan tentara kuat sekutu. Untuk mengenang hari bersejarah itu makanya setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan.

Nah, dalam rangka mengenang 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan Contoh Naskah Pidato Kemerdekaan dari Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Semoga bermanfaat ya sobat. Check this out!!!

Kumpulan Contoh Naskah Pidato ZONASISWA.COM

Assalamualaikum, wr. wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Tanjung, semua guru dan staf administrasi SMA Negeri 01 Tanjung dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

Tidak lupa juga kita panjatkan puji syukur kehadiarat Allah yang maha kuasa, yang telah memberi kita rahmat dan hidayah, sehingga kita bisa bertemu bersama di tempat yang di berkati ini. Dan juga saya tidak lupa untuk menyampaikan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan ke ke jaman terang benerang, sehingga kita selalu berada di jalan yang benar.

Sebelum saya menyampaikan sebuah pidato, mari kita menundukan kepala sejenak untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi berdirinya negeri ini, Indonesia. Hening cipta muali!

Sungguh tiada tara jasa mereka dalam memperjuangkan kebebasan yang telah membelenggu negara kita lebih dari tiga abad itu. Untuk itu pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan beberapa ungkapan rasa terimakasih kepada mereka, PAHLAWAN KU.

Hadirin sekalian

Hari ini, tepat 10 November, kita mengenang hari dimana para pedahulu kita mencurahkan tenaga serta pikiran untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara kita, Indonesia. Hari ini, tepat 10 November, hari dimana para pahlawan yang berjuang di medan perang meneteskan darah, keringat dan air mata agar bisa mengibarkan bendara merah-putih kita, Indonesia. Hari ini, tepat 10 November, hari dimana ribuan nyawa terkorbankan untuk menggantikan masa depan kita generasi peneru bangsa, Indonesia.

Tapi hari ini, tepat 10 November, sudah berapa jauhkah tindakan yang kita lakukan untuk negara ini, Indonesia?

Kenanglah, tepat pada tanggal 10 November ini, pertempuran besar terjadi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonedia yang baru sekian hari bebas dari belenggu penjajah. Kenanglah pernag di Surabaya itu. Kenanglah saat Belanda ingin kembali membelenggu garuda yang baru saja terbang bebas. Kenanglah...

Kenanglah, tepat pada tanggal 10 November ini, di aman dengan gagah beraninya Bung Tomo berserta para pejuang dan sukarelawan maju kemedan perang mempertahankan kemerdekaan. Kenanglah keberanian dan kegigihan itu. Kenanglah...

Kenanglah, tepat pada tanggal 10 November ini, dengan segala keterbatasan mereka berani menentang 30.000 tentara bersenjata itu. Kenaglah ketika ribuan dari pahlawan kita gugur demi kita, masa depan mereka. Kenanglah...

Terima kasih para pahlawan kemerdekaan, tanpa kalian kita tidak bisa menikmati kebebasan yang dulu didamba-dambakan. Terima kasih Bung Tomo, Tentara kemerdekaan, dan warga sipil yang gugur di pertempuran 10 November, kalian akan selalu abadi terukir di hati kami, penerus kemerdekaan ini.

Wasalamualaikum, wr. wb.

Semoga contoh naskah Pidato Kemerdekaan di atas bisa menjadi contoh bagi sobat sekalian dalam membuat pidato tentang pahlawan kemerdekaan yang saya yakin jauh lebih bagus dari pidato di atas. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari contoh pidato di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

1 komentar :